Jumat, 19 April 2024

Gus Muhdlor Akan Rampingkan “Kolesterol” APBD untuk Frontage Road Sidoarjo

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Desain rancang bangun frontage road dan flyover Aloha di Jalan Raya Juanda. Foto: Istimewa

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo menegaskan, dia akan merampingkan postur ABPD Sidoarjo dengan mengurangi “kolesterol” di belanja barang dan jasa untuk pembangunan infrastruktur.

Pengurangan kolesterol itu terutama untuk pembangunan infrastruktur di Sidoarjo. Salah satunya, yang sedang menjadi prioritas Pemkab Sidoarjo adalah penuntasan Frontage Road.

“Ada anggaran belanja 30,7 persen, anggaran barang dan jasa 30,6 persen, anggaran modal 22 persen. Belanja barang dan jasa di dalamnya termasuk rapat, makan, dan minum ini yang kami pingin sederhanakan lagi,” ujarnya.

Muhdlor bilang, secepatnya dia akan mendorong pembangunan frontage road dari patung pesawat di Jalan Raya Juanda mengarah ke selatan sejauh satu kilometer. Tapi ada kendalanya.

Yang jadi kendala, kata dia, adalah sengketa tanah antara KAI dengan warga sekitar. Namun, menurutnya, eksekusi pembangunan frontage ini sudah bisa dicicil, karena anggarannya juga sudah ada.

“Anggaran frontage sudah ada Rp120 miliar. Rp60 miliar pertama untuk pembebasan lahan, lalu Rp60 miliar setelahnya untuk pembangunan,” kata Muhdlor.

Dia menargetkan, pengerjaan frontage bisa dimulai pada Mei atau Juni mendatang, menunggu proses lelang untuk mencari vendor pengerjaan pembangunan yang dia pastikan sudah dimulai awal April ini.

“Target selesai per segmen. Kemarin mau mulai dari Waru, sayangnya dari Waru ada satu masjid dekat stasiun yang memang harus dipindahkan dulu masjidnya. Mungkin eksekusinya setelah lebaran,” terang Mudhlor.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs