Rabu, 18 Mei 2022

Hadapi US Navy, TNI AL Kerahkan Tiga Kapal Perang ke Laut Jawa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pendaratan helikopter di atas kapal menjadi bagian dari latihan bersama CARAT 2021. Foto: Dispen Koarmada II

TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan tiga unsur kapal perang dari Koarmada II untuk menghadapi armada Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy. Ketiganya yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 , KRI Diponegoro-365 , dan KRI Ajak-653 yang saat ini berada di sekitar perairan Laut Jawa, usai bertolak dari Dermaga Semampir Barat Koarmada II.

Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II yang ikut on board di KRI GNR-332, Kolonel Laut (P) Heri Tribowo, S.E., membenarkan jika tiga kapal perang dan sebuah heli panther milik TNI AL telah berada di sekitar perairan Laut Jawa, dalam rangka Fase Laut (Sea Phase) atau tahap Manuver Lapangan yang merupakan puncak dari Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2021 antara TNI AL dengan US Navy.

Kolonel Heri Tribowo yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas Latma CARAT 2021 mengatakan, dalam latihan tahun ini US Navy melibatkan dua kapal perangnya yakni USS Jackson, dan USNS Milinocket. Keduanya tiba di Surabaya pada Jumat (5/11/2021) lalu. Sehingga total ada lima unsur kapal perang dari kedua pihak yang terlibat dalam manuver lapangan, yang berlangsung dari tanggal 8 – 10 November 2021. Selain itu masing-masing delegasi juga menyertakan helikopter untuk mendukung pelaksanaan sejumlah serial latihan nantinya.

Heri-sapaan karib Dansatgas CARAT 2021 menambahkan jika pada tahap Manlap, sejumlah serial latihan akan dilaksanakan oleh TNI AL dan US Navy. Di antaranya yaitu DIVTACS, FOTOEX, ADEX, FLAGEX, DLQS, AAROFEX, FLASHEX, NSIC, GUNNEX, SAREX, RAS/FOTOEX, SSX/AASYWEX, dan SCREENEX. Dan pada tahap akhir dilaksanakan Hot- Wash dan Closing Ceremony.

“Saat ini kita melaksanakan Pelaksanaan Peran Tempur Bahaya Udara, serta penembakan Chaff sebagai upaya perlindungan serangan udara. Pada malam hari KRI GNR -332 melanjutkan latihan penembakan Aarofex menggunakan meriam 20 mm lambung kiri dan lambung kanan sebanyak 400 butir peluru. Selanjutnya melaksanakan kegiatan NSIC( Night Steaming in Company ),” terang Heri.

Ia lantas menuturkan untuk pelaksanaan manlap ini, sesuai penekanan Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han) kepadanya, bahwa seluruh personel satgas CARAT 2021 wajib mengutamakan keselamatan personel, material juga bahaya navigasi.

“Agar latihan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan. Di mana Latma CARAT 2021 merupakan wujud implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., yakni pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi,” pungkas Heri.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jalan Tambak Osowilangon Macet

Jalan Ahmad Yani Surabaya Pada Petang Hari

Kemacetan di Ketintang Arah Jalan Karah

Surabaya
Rabu, 18 Mei 2022
28o
Kurs