Senin, 6 Mei 2024

Hari Ini Hari Raya Galungan, Ini Ucapan yang Bisa Disampaikan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan di Pura Agung Jagad Karana pada tahun 2016 lalu. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Hari Raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 6 bulan Bali (210 hari) yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Hari Raya Galungan ialah hari di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya. Serta merayakan kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

Sebagai ucapan syukur, umat Hindu memberi dan melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara dengan segala manifestasinya. Penjor yang terpasang di tepi jalan dan setiap rumah sendiri merupakan aturan ke hadapan Bhatara Mahadewa

Kata Galungan diambil dari bahasa Jawa Kuna yang berarti bertarung. Biasa disebut juga “dungulan” yang artinya menang. Perbedaan penyebutan Wuku Galungan di Jawa dengan Wuku Dungulan di Bali adalah sama artinya, yakni wuku yang kesebelas.

Perayaan Hari Raya Galungan identik dengan penjor yang dipasang di tepi jalan, menghiasi jalan raya yang bernuansa alami. Di jaman modern ini, apalagi sebagai tujuan pariwisata, pulau Bali kerap disorot sebagai pulau yang indah sekaligus religius. Penjor adalah bambu yang dihias sedemikian rupa sesuai tradisi masyarakat Bali setempat.

Berikut 10 ucapan selamat bisa digunakan untuk ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, seperti dikutip dari dharmadana.id:

1. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan. Semoga kebahagiaan dan kedamaian datang dari segala penjuru.

2. Jangan pernah memutuskan persaudaraan hanya karena sepatah kata yang tak sengaja terucap. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan.

3. Kehidupan ini penuh dengan seribu kebahagiaan namun untuk mencapainya diperlukan seribu pengorbanan, Teruslah berkerja dijalan dharma. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan.

4. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan 2019. Rayakan kemenangan dharma melawan adharma dengan kedamaian.

5. Rahajeng Rahina Galungan 24 Juli 2019 lan Kuningan 03 Agustus 2019. Dumogi sareng sami manggih kerahayuan.

6. Om Swastyastu Om Ano Bhadrah Krattawoyantu Wistawah. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sareng sami manggih kerahayuan. Om Santih Santih Santih Om

7. Selama kita hidup selalu melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan dikehidupan selanjutnya. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan 2019.

8. Orang luar biasa selalu sederhana dalam bicaranya tetapi hebat dalam tindakannya. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan.

9. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi iraga ngomolihin rahayu ring rahinane mangkin. Ciptakan dharma dalam hati untuk kedamaian sejati.

10. Menikmati perayaan hari kemenangan dharma melawan adharma dengan menanamkan dharma dihati kita. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs