Sabtu, 25 Juni 2022

Hari Kedua Sentra Vaksin IKA Unair Siapkan 3.300 Dosis

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Salah satu peserta vaksinasi massal di Gedung Airlangga Convention Center, Minggu (5/9/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Hari kedua vaksinasi massal oleh Sentra Vaksin Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga, penyelenggara telah menyiapkan 3.300 dosis vaksin jenis Sinovac untuk masyarakat umum usia 12 tahun ke atas.

Menurut dr Farizal Rizky, koordinator Tim Vaksin, target dua hari dari kemarin sampai hari ini adalah 5.600 dosis, atau 2.800 dosis dalam sehari.

“Namun, kemarin, di hari pertama, jumlah peserta masih mencapai 2.300. Sehingga ada sisa dari pelaksanaan hari pertama sebanyak 500 dosis untuk diberikan di hari kedua ini,” kata dr. Farizal.

Farizal mengatakan, dalam pelaksanaan hari pertama kemarin, jumlah pendaftar online mencapai 2.000 orang, sisanya 300 peserta langsung daftar di lokasi.

“Melihat pola di hari pertama, tidak menutup kemungkinan hari kedua ini juga melayani pendaftaran secara langsung, namun peserta yang datang langsung diimbau untuk bersabar karena akan dilayani setelah peserta online selesai,” lanjutnya.

Untuk peserta yang akan daftar langsung bisa menyiapkan KTP atau KK. Farizal juga mengatakan semua KTP baik Surabaya maupun dari daerah luar bisa dilayani. Pemberian vaksin bebas untuk dosis pertama maupun kedua.

Untuk peserta dosis kedua, dia mengatakan harus sudah mendapatkan dosis Sinovac di dosis pertama, dan terkonfirmasi negatif Covid-19 berdasarkan surat hasil PCR yang dikeluarkan minimal 3 bulan, atau bulan Mei dan sebelumnya.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, di hari kedua ini antrean cukup ramai dan  lancar, tidak sampai menunggu lama hingga terjadi kerumunan. Kelancaran ini tak lepas dari kesigapan para petugas di lapangan.

Farizal menyatakan telah menyiapkan 40 tim admin, 32 petugas skrining dan 32 petugas vaksinator dari mahasiswa dan alumni Unair baik dari fakultas kedokteran, keperawatan, kesehatan masyarakat, dan relawan lainnya.

Sentra Vaksin yang diinisiasi IKA Unair ini didukung oleh Pemprov Jatim, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Suara Surabaya Media.(ton/dfn/den)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 25 Juni 2022
30o
Kurs