Jumat, 29 Maret 2024

Hasil Tes Acak Sampai 15 Mei, 264 Pemudik Positif Covid-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Para petugas mudik gratis sudah bersiap di depan pintu kedatangan untuk menyambut para pemudik. Membawa papan petunjuk, mereka mengarahkan para pemudik untuk memasuki bus yang akan membawa mereka ke kampung halaman.
(Foto: Baskorosuarasurabaya.net)

Pemerintah merilis data terbaru dari tes acak (random test) Covid-19 terhadap para pemudik yang pulang kampung dalam rangka libur Idulfitri 1442 Hijriah.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan pihaknya sudah melakukan tes acak per tanggal 15 Mei 2021. Dari lebih 77 ribu testing, diketahui 0,34 persen pemudik positif Covid-19.

“Untuk testing sudah dilaksanakan sebanyak 77.068 kali di mana ditemukan 264 di antaranya positif atau hanya 0,34 persen dari pelaku perjalanan,” ujar Wiku dalam konferensi pers di graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (18/5/2021).

Kata Wiku, Pemerintah terus memperbaharui data di lapangan dan berusaha menginformasikan secara aktual kepada masyarakat.

Menurut dia, berdasarkan hasil laporan pelaksanaan operasi ketupat per tanggal 15 Mei 2021, petugas juga telah berhasil memutarbalikkan kendaraan sebanyak 419.969.

“Jadi, Satgas pusat selalu melakukan koordinasi rutin per minggunya dengan satgas daerah terkait perkembangan pengendalian Covid-19 di mana melibatkan petugas dari unsur TNI dan Polri,” kata dia.

Wiku menegaskan, Satgas juga melarang pembukaan lokasi wisata di kabupaten/ kota di wilayah zona oranye dan merah. Jika ditemukan pelanggaran, maka akan dilakukan penutupan lokasi.

“Sejak awal pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, koordinasi dan komunikasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus ditingkatkan agar tercapai penanganan Covid-19 yang menyeluruh dan disesuaikan dengan karakteristik serta kearifan lokal masing-masing daerah,” pungkas Wiku.(faz/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs