Sabtu, 20 April 2024

Hoaks Informasi Lowongan Kerja Satpol PP Surabaya 2021

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ilustrasi. Satpol PP Surabaya

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya memberikan klarifikasi soal adanya informasi lowongan pekerjaan untuk menjadi anggota atau bagian dari Satpol PP Kota Surabaya.

Informasi itu berasal dari salah satu situs web penyedia jasa informasi lowongan pekerjaan berjudul ‘Lowongan Kerja SMA SMK di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Desember 2021’.

Eddy Christijanto Kepala Satpol PP Kota Surabaya mengatakan, informasi mengenai ‘Lowongan Kerja SMA SMK di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Desember 2021’ di Kota Surabaya dipastikan hoaks.

Dia sudah meminta kepada jajarannya untuk mencari informasi mengenai situs web penyebar kabar bohong itu.

“Kami memastikan informasi itu tidak benar alias hoaks. Sebab, Satpol PP Kota Surabaya untuk 2021 dan 2022 belum membuka pendaftaran untuk menjadi anggota,” kata Eddy, Sabtu (18/12/2021)

Eddy mengaku, setelah menelusuri situs web itu, lowongan pekerjaan untuk menjadi anggota Satpol PP memang ada. Tetapi, lowongan pekerjaan itu tersedia di luar Kota Surabaya.

“Saat dicek, ternyata yang membuka lowongan saat ini adalah Satpol PP di luar Kota Surabaya. Maka, saya sampaikan informasi tersebut tidak benar, supaya masyarakat tidak tertipu,” ungkap dia.

Disisi lain, dia bersama jajaranya tidak bisa melakukan penelusuran lebih jauh terhadap siapa saja yang telah mengirim lamaran situs tersebut.

Karena, situs web itu meminta kepada calon pelamar untuk mengirimkan data diri secara online.

“Karena di situ disebutkan melakukan pendaftaran secara online dengan mengisi data pribadi, sehingga kami tidak bisa melacak. Tapi, untuk pendaftar yang datang di Kantor Satpol PP Kota Surabaya belum ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, Eddy mengimbau kepada seluruh warga Surabaya agar berhati-hati mengenai informasi yang beredar di kalangan masyarakat. Dia tidak ingin ada warga yang terkecoh dan jadi korban penipuan.

Dia menyarankan, apabila mendapat informasi terkait lowongan pekerjaan di lingkungan Pemkot Surabaya, warga diminta untuk segera melakukan konfirmasi ke OPD terkait atau menuju ke Kantor Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya, yang berlokasi di Jalan Jimerto No 25-27 Surabaya. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs