Jumat, 29 Maret 2024

Ibu Hamil Disarankan Membatasi Mobilitas di Usia Kehamilan 36 Minggu

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Ibu hamil. Foto : Thinkstock

Dr. dr. Budi Prasetyo, SpOG (K), Sekretaris Umum IDI Surabaya menyarankan agar ibu hamil di usia kehamilan 36 minggu untuk membatasi mobilitas, terutama di masa pandemi saat ini.

Ibu hamil, kata dokter Budi, harus lebih waspada karena lebih rentan akibat ada perubahan sistem imun di dalam tubuh saat mengandung.

“Ibu hamil tidak selalu imunitasnya rendah tapi rentan, oleh karena ada perubahan sistem imun. Saat hamil, ibu hamil harus mengakomodir buah kehamilan sehingga ada perbuanan sistem imun,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (19/1/2021).

Dia menambahkan, kepada ibu hamil yang bekerja, ketika usia kandungan memasuki 36 minggu agar mengajukan cuti hamil. Selain untuk persiapan persalinan, cuti hamil memberi kesempatan ibu hamil untuk melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Kesempatan melakukan isolasi mandiri bukan karena isoman karena terpapar Covid, melainkan supaya tidak terinfeksi Covid,” ungkapnya.

“Kalaupun ada ibu yang 36 minggu terinfeksi, harapannya agar dua atau tiga minggu sudah membaik, sehingga saat persalinan tidak bingung mencari tempat bersalinan,” imbuhnya.

Hal ini dikarenakan tidak semua rumah sakit rujukan menerima ibu hamil yang terpapar Covid-19.

Ia pun kembali mengingatkan agar ibu hamil dapat menjaga diri dengan cara menjaga protokol kesehatan dan mengonsumsi suplemen untuk menjaga imunitas tubuh.(dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs