Minggu, 14 Agustus 2022

Indonesia Kembali Dapat Tambahan Vaksin Covid-19 Pfizer dan AstraZeneca

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Petugas kargo membawa boks berisi vaksin Covid-19 AstraZeneca setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (2/9/2021). Foto: Antara

Sebanyak 1,1 juta dosis Vaksin Covid-19 Pfizer dari Amerika Serikat, dan 500 ribu dosis Vaksin AstraZeneca dari Australia, siang hari ini, Kamis (2/9/2021), tiba di Indonesia.

Tambahan vaksin itu tercatat sebagai penerimaan tahap ke-47 dan ke-48, terhitung dari pertama kali Indonesia mendapat kiriman Vaksin Covid-19, Desember 2020.

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI mengatakan, vaksin AstraZeneca yang diterima hari ini adalah pengiriman tahap pertama bantuan Pemerintah Australia, dari 2,5 juta dosis vaksin sepanjang tahun 2021 yang direncanakan.

Alhamdulillah sore hari ini Indonesia kembali menerima kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 500 ribu dosis yang merupakan kebijakan berbagi dosis (dose sharing) dari Pemerintah Australia,” ujarnya dalam keterangan pers virtual, Kamis (2/9/2021).

Australia, lanjut Retno, juga berkomitmen mendukung pendanaan senilai 77,1 juta Dollar Australia untuk pengadaan vaksin  di Indonesia, yang akan disalurkan lewat UNICEF.

Sementara itu, Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan menyebut, Indonesia sampai sekarang baru dapat kiriman sekitar 2,7 juta dosis Vaksin Pfizer.

Pemerintah Indonesia, kata Dokter Dante, sudah memesan sebanyak 54,6 juta dosis vaksin hasil kolaborasi Amerika Serikat dan Jerman itu.

Dengan tambahan vaksin yang datang hari ini, Indonesia terhitung sudah menerima lebih dari 220 juta dosis vaksin berbagai merek, berbentuk jadi dan bahan baku.

Untuk mendukung program vaksinasi nasional, Pemerintah Indonesia sudah mendatangkan lima produk vaksin asal luar negeri, yaitu Vaksin Sinovac dan Sinopharm dari China, AstraZeneca dari  Inggris, Moderna dari Amerika Serikat, dan Pfizer produk kerja sama Amerika Serikat dan Jerman.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per hari Rabu (1/9/2021), sudah ada sekitar 63,9 juta Penduduk Indonesia yang mendapat suntikan vaksin dosis pertama.

Sementara yang sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua sebanyak 36,3 juta orang dari 208,2 juta orang target yang tersebar di seluruh Tanah Air.(rid/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Minggu, 14 Agustus 2022
25o
Kurs