Sabtu, 27 April 2024

Indonesia Mendapat Tambahan 15,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pemkot Surabaya menerima tambahan 11.770 vial vaksin merek Sinovac serta 10.000 vial AstraZeneca. Vaksin tambahan ini akan digunakan untuk menuntaskan vaksinasi bagi pedagang, guru dan dosen di Kota Surabaya. Foto : Istimewa

Sebanyak 15,2 juta dosis Vaksin Covid-19 yang dibeli Pemerintah Indonesia, siang hari ini, Senin (30/8/2021), datang lagi di Tanah Air.

Rinciannya, satu juta dosis Vaksin Sinovac dan lima juta dosis Vaksin AstraZeneca berbentuk siap pakai.

Kemudian, ada bahan baku Vaksin Sinovac yang nantinya diproses menjadi 9,2 juta dosis.

Siang hari ini, tambahan vaksin yang diangkut pesawat khusus mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dalam tiga gelombang.

Vaksin-vaksin yang tercatat sebagai penerimaan gelombang ke-43, 44 dan 45 sejak pertama Indonesia menerima vaksin (Desember 2020), selanjutnya dibawa ke Gudang PT Bio Farma, di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam keterangan pers virtual, Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bilang, pemerintah terus berusaha menambah stok vaksin untuk program vaksinasi nasional.

“Ada dua jenis produksi vaksin yang telah datang, dari AstraZeneca sebanyak 1.086.000 dosis serta Sinovac sebanyak lima juta dosis. Sedangkan Vaksin Sinovac sekitar 9,2 juta dosis berupa bahan baku,” ujarnya.

Sekadar informasi, pemerintah menargetkan akhir bulan Agustus ini masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 mencapai lebih dari 100 juta orang.

Untuk itu, pemerintah mengimbau masyarakat tidak pilih-pilih merek vaksin. Karena, semua vaksin yang ada sama-sama bermanfaat membangun antibodi untuk melawan Virus Corona.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sampai hari Minggu (29/8/2021), sekitar 96,5 juta Penduduk Indonesia sudah mendapatkan suntikan vaksin, dari total target 208,2 juta orang.

Rinciannya, sebanyak 61,6 juta orang sudah mendapatkan dosis pertama, dan 34,8 juta orang yang sudah menerima dosis kedua.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs