Kamis, 28 Maret 2024

Indonesia Urutan Lima Negara dengan Penduduk yang Sudah Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Vaksinasi warga Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Senin (4/10/2021). Foto: Arsenal Dissenlekal

Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru mengatakan, penduduk Indonesia yang sudah menerima dua dosis suntikan Vaksin Covid-19 tembus 100 juta orang.

Dengan begitu, per Desember 2021, Indonesia tercatat di urutan kelima dalam daftar negara di dunia yang penduduknya paling banyak vaksinasi dosis lengkap.

Dalam daftar yang dirilis Our World in Data, 6 Desember 2021, Indonesia berada di bawah China, India, Amerika Serikat dan Brasil.

“Sudah lebih dari 100 juta Penduduk Indonesia telah mendapatkan dosis lengkap atau dua dosis vaksinasi Covid-19,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (10/12/2021).

Sementara, hampir 70 persen dari sasaran vaksinasi Indonesia sudah menerima satu kali suntikan vaksin Covid-19.

“Prestasi itu berkat kerja keras dan gotong royong berbagai pihak, TNI-Polri, pemerintah daerah, BUMN, organisasi keagamaan dan sosial, pihak swasta, serta masyarakat,” imbuhnya.

Walau capaian vaksinasi cukup tinggi, Reisa menegaskan, pemerintah terus berupaya menambah jumlah penerima vaksinasi di seluruh Tanah Air.

Kementerian Kesehatan menargetkan penerima vaksin dosis pertama bisa lebih dari 143 juta orang atau 70 persen dari target 208,2 juta orang, pada akhir Januari tahun depan.

Sedangkan untuk vaksinasi lengkap, pemerintah menargetkan antara bulan Maret atau April 2022.

Lebih lanjut, Dokter Reisa menjelaskan, vaksin bertujuan untuk mengurangi angka gejala berat dan fatalitas orang yang terinfeksi Virus Corona.

Selain itu, vaksinasi jadi salah satu syarat perjalanan orang, dan tiket untuk mengakses tempat-tempat umum lewat aplikasi PeduliLindungi.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs