Jumat, 26 April 2024

Jemaah Salat Id Masjid Sunan Ampel Membludak Sampai ke Pasar

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Kaum muslimin dan muslimat melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriyah, di Masjid Sunan Ampel meluber hingga memenuhi gang masuk masjid Sunan Ampel. Kamis (13/5/2021). Foto: Manda suarasurabaya.net

Kaum muslimin dan muslimat telah melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriyah, Kamis (13/5/2021), di Masjid Agung Sunan Ampel, Surabaya.

Salat Id yang diimami Haji Badawi dimulai pukul 06.05 WIB berlangsung khidmat.

Hidayat, abdi sunan ampel mengatakan, pelaksanaan salat Id tetap menaati protokol kesehatan. Yakni, memperpendek bacaan salat dan pelaksanaan khutbah, melakukan cuci tangan menggunakan masker, pengecekan suhu badan dan pengaturan saf, serta jaga jarak 1 meter.

Dengan kapasitas masjid dengan panjang 125 meter dan lebar saf 55 meter, sesuai dengan protokol kesehatan antar jemaah berjarak masing -masing 1 meter bisa menampung hingga 6 ribu jemaah. “Ini belum lagi perluasan di masjid baru. Yang bisa menampung sekitar seribu jemaah,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, panitia masjid juga tidak memasang banner tentang pelaksanaan salat Id dan hanya menyediakan tempat salat di dalam masjid karena khawatir jemaah membludak. Namun, jemaah yang datang hari ini meluber hingga menempati halaman luar masjid, bahkan ada yang menempati gang masuk pasar Ampel.

Usai salat beberapa jemaah menyempatkan untuk berziarah ke makam Raden Ahmad Rahmatulloh atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Ampel, salah satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di nusantara. (man/iss)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs