Jumat, 25 Juni 2021

Jemaah Salat Id Masjid Sunan Ampel Membludak Sampai ke Pasar

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Kaum muslimin dan muslimat melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriyah, di Masjid Sunan Ampel meluber hingga memenuhi gang masuk masjid Sunan Ampel. Kamis (13/5/2021). Foto: Manda suarasurabaya.net

Kaum muslimin dan muslimat telah melaksanakan salat Idulfitri 1442 Hijriyah, Kamis (13/5/2021), di Masjid Agung Sunan Ampel, Surabaya.

Salat Id yang diimami Haji Badawi dimulai pukul 06.05 WIB berlangsung khidmat.

Hidayat, abdi sunan ampel mengatakan, pelaksanaan salat Id tetap menaati protokol kesehatan. Yakni, memperpendek bacaan salat dan pelaksanaan khutbah, melakukan cuci tangan menggunakan masker, pengecekan suhu badan dan pengaturan saf, serta jaga jarak 1 meter.

Dengan kapasitas masjid dengan panjang 125 meter dan lebar saf 55 meter, sesuai dengan protokol kesehatan antar jemaah berjarak masing -masing 1 meter bisa menampung hingga 6 ribu jemaah. “Ini belum lagi perluasan di masjid baru. Yang bisa menampung sekitar seribu jemaah,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, panitia masjid juga tidak memasang banner tentang pelaksanaan salat Id dan hanya menyediakan tempat salat di dalam masjid karena khawatir jemaah membludak. Namun, jemaah yang datang hari ini meluber hingga menempati halaman luar masjid, bahkan ada yang menempati gang masuk pasar Ampel.

Usai salat beberapa jemaah menyempatkan untuk berziarah ke makam Raden Ahmad Rahmatulloh atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Ampel, salah satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di nusantara. (man/iss)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs