Kamis, 20 Juni 2024

Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta Gelar Salat Idulfitri 1442 Hijriah dengan Prokes

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ratusan jemaah bersiap melaksanakan Salat Idulfitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021), di halaman Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sejumlah masjid besar di Jakarta, hari ini, Kamis (13/5/2021), menggelar Ibadah Salat Idulfitri 1442 Hijriah. Salah satunya, Masjid Agung Sunda Kelapa yang ada di kawasan Jakarta Pusat.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi dari pukul 05.30 WIB, berbagai persiapan sudah dilakukan panitia penyelenggara. Mulai dari menyediakan barisan (saf) di dalam dan halaman masjid, sampai mengatur alur masuk jemaah.

Dalam pelaksanaan Salat Idulfitri tahun ini, Masjid Agung Sunda Kelapa menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Setiap jemaah yang masuk Masjid Agung Sunda Kelapa untuk melaksanakan Salat Idulfitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021), harus menjalani prosedur pemeriksaan suhu tubuh. Foto: Farid suarasurabaya.net

Setiap jemaah wajib memakai masker, membawa perlengkapan salat seperti sajadah masing-masing, serta menjalani prosedur pemeriksaan suhu tubuh.

Jarak fisik antarjemaah di area salat juga diatur sekitar satu meter, sesuai rekomendasi Satgas Penanganan Covid-19.

Sesekali terdengar imbauan dari panitia yang mengingatkan jemaah untuk selalu memakai masker, menjaga jarak fisik dan menjaga ketertiban.

Sekitar pukul 06.50 WIB, ratusan jemaah laki-laki peserta salat Idulfitri sudah berkumpul di lapangan sisi selatan. Sedangkan jemaah perempuan salat di serambi masjid dan pelataran yang ada di sisi utara.

Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Kamis (14/5/2021), bersiap menggelar Salat Idulfitri 1442 Hijriah. Foto: Farid suarasurabaya.net

Setyanto Santosa Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa mengatakan, tahun ini pertama kalinya Masjid Agung Sunda Kelapa menggelar Salat Idulfitri di masa pandemi.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pelaksanaan Salat Idulfitri wajib menerapkan protokol kesehatan.

Jumlah jemaah yang hadir juga dibatasi sekitar 50 persen dari total kapasitas empat ribuan orang.

Kemudian, untuk menjamin tertibnya pelaksanaan Salat Idulfitri, panitia melibatkan Remaja Islam Sunda Kelapa dan anak-anak asuh Masjid Agung Sunda Kelapa yang sudah berusia remaja.

Jimly Asshiddiqie Anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Provinsi DKI Jakarta akan menjadi khatib.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu akan menyampaikan ceramah dengan tema Menjemput Kemenangan di Tengah Krisis.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 20 Juni 2024
30o
Kurs