Rabu, 20 Oktober 2021

Jemput Warga untuk Vaksin, Mahasiswa UM Surabaya Beri Edukasi dan Voucher Token Listrik

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan program jemput warga musiman untuk vaksin di daerah Mulyorejo. Selasa (14/9/2021). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Mendorong percepatan vaksinasi, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menyelenggarakan vaksinasi dosis 1 dengan sasaran adalah mahasiswa, alumni, warga musiman yang tinggal di Surabaya dan warga yang ber-KTP di luar Surabaya, tetapi tinggal di Surabaya.

Para mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya melakukan program jemput warga musiman untuk vaksin di daerah Mulyorejo.

Sebelum divaksin terlebih dahulu para mahasiwa akan memberi edukasi tentang pentingnya vaksinasi untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) dari ancaman virus corona.

Andi Yulianto, Kordinator Mahasiswa FIK UM Surabaya, menjelaskan bahwa kegiatan jemput warga musiman untuk vaksin sudah dua hari ini dilakukan, dan akan dilanjutkan selama beberapa hari ke depan.

“Kami mengajak masyarakat untuk mau divaksin dengan cara kreatif, yaitu memberikan edukasi tentang keamanan vaksin, memandu warga untuk daftar online, terutama warga musiman yang tinggal di Surabaya, dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan warga” kata Andi, Selasa (14/9/2021).

Selain itu, agar masyarakat makin bersemangat untuk divaksin, panitia juga memberikan hadiah bagi 100 orang pertama yang daftar akan mendapatkan voucher token listrik. “Kita mencoba cara kreatif untuk membuat masyarakat semangat untuk divaksin salah satunya pemberian voucher token listrik,” imbuhnya.

Sementara itu, Nur Mukarromah Dekan FIK- UM Surabaya mengatakan, aksi jemput warga untuk vaksin merupakan bentuk kepedulian institusi kampus kepada warga khususnya warga sekitar kampus agar bersama-sama mensukseskan program vaksinasi.
“Fakultas Ilmu Kesehatan berkomitmen dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa wajib vaksin. Hal ini dilakukan dalam upaya menyambut persiapan wacana pembelajaran tatap muka,” ujarnya

Nur Mukarromah menambahkan bahwa vaksinasi juga akan diberikan bagi mahasiswa baru yang daftar di kampus UM Surabaya. Ini menjadi keuntungan bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar di UM Surabaya khususnya Fakultas Ilmu Kesehatan

“Dengan upaya ini, pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. Warga khususnya warga musiman mendapatkan aksen vaksin, dan civitas kampus UM Surabaya juga sudah vaksin sehingga memungkinkan untuk dilaksanakan perkuliahan tatap muka,” tambahnya

Sedangkan kegiatan vaksinasi di UM Surabaya rencananya akan dilaksanakan pada selama dua gelombang. Pertama, pada tanggal 15-16 September 2021. Kedua, pada tanggal 20 – 24 September 2021. Vaksinasi dilakukan dengan drive thru di halaman kampus UM Surabaya. Pendaftaran dan screening kesehatan awal dilakukan secara online. Harapannya proses vaksinasi bisa berjalan cepat, aman dan tidak menyebabkan kerumunan.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Rabu, 20 Oktober 2021
29o
Kurs