Jumat, 20 Mei 2022

Jenderal TNI Andika Perkasa Bersiap Mengucap Sumpah Jabatan sebagai Panglima TNI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Kendaraan Dinas Jenderal TNI Andika Perkasa masuk area Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/11/2021). Foto: Farid suarasurabaya.net

Jenderal TNI Andika Perkasa Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang akan menjadi Panglima TNI, datang di Istana Kepresidenan Jakarta, sekitar pukul 11.35 WIB.

Mobil dinas Toyota Land Cruiser warna hijau dengan plat bintang empat yang mengangkut Jenderal Andika, masuk dari pintu sebelah timur, dan parkir di sisi utara Gedung Bina Graha.

Kemudian, Jenderal Andika yang memakai Pakaian Dinas Upacara TNI AD, langsung masuk ke dalam Istana Negara.

Berdasarkan jadwal resmi, prosesi pelantikan akan dimulai pukul 13.30 WIB, dengan peserta terbatas.

Sambil menunggu waktu pelantikan, pihak Istana Kepresidenan menggelar gladi resik pelantikan Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), promosi bintang empat dengan jabatan baru KSAD.

Kemudian, Jokowi juga akan melantik Mayor Jenderal TNI Suharyanto Panglima Kodam V/Brawijaya, sebagai Kepala BNPB, yang juga mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Jenderal TNI.

Terkait pelantikan hari ini, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, acara akan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Presiden, Wakil Presiden, menteri dan tamu undangan yang hadir di lokasi acara wajib memakai masker dan menjaga jarak fisik.

Sebelum masuk area Istana Kepresidenan, para tamu undangan harus menjalani pemeriksaan kesehatan, dan menunjukkan bukti bebas dari infeksi Virus Corona.

Sementara, wartawan yang bertugas di Istana Kepresidenan sampai sekarang belum mendapat akses meliput langsung di dalam Istana Negara.

Selain melantik Panglima TNI, KSAD dan Kepala BNPB, Jokowi Presiden juga punya agenda melantik 12 calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk negara-negara sahabat.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
31o
Kurs