Jumat, 19 April 2024

Jokowi Bersama Komisi Eropa Membahas Perubahan Iklim Sampai Transisi Energi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI (kanan) menerima Frans Timmermans Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa untuk Kebijakan Hijau Eropa dan Iklim di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/10). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden RI menekankan komitmen Indonesia dalam menjadi bagian solusi untuk mengatasi perubahan iklim dunia.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat menerima Frans Timmermans, Presiden Eksekutif Komisi Eropa untuk Kebijakan Hijau Eropa dan Iklim di Istana Merdeka pada Senin kemarin (18/10/2021).

“Sebagai salah satu pemilik hutan dan ekosistem mangrove terbesar, Indonesia menyadari posisi strategisnya,” ucap Jokowi.

Selain itu, Retno Marsuadi Menteri Luar Negeri yang juga mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut berpendapat bahwa isu perubahan iklim dan lingkungan hidup tidak dapat dilepaskan dari isu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustaianable Development Goals/SDGs).

“Keseimbangan antara menjaga alam dan menciptakan pembangunan ini perlu dilakukan dan keseimbangan ini hanya akan tercapai jika kita bekerja sama,” ujar Retno.

Dikutip dari Antara, dalam kesempatan itu kata Retno, Presiden juga menyampaikan langkah-langkah konkret yang telah dicapai oleh Indonesia sebagai komitmen dalam menangani perubahan iklim.

“Seperti penurunan emisi 29 persen dan 41 persen dengan bantuan internasional pada 2030 sejauh ini berjalan baik. Pemenuhan komitmen ini disumbang dari turunnya kebakaran hutan, penurunan emisi hutan dan tata guna lahan, deforestasi hutan yang mencapai tingkat rendah dan rehabilitasi mangrove yang mencapai 600 ribu hektar,” tutur retno.

Retno tidak ingin Indonesia terjebak dalam retorika, namun memilih untuk bekerja memenuhi pengurangan emisi sebagaimana komitmen dalam perjanjian Paris.

Retno juga menyampaikan pandangan Presiden yang disampaikan pihak Uni Eropa, bahwa faktor teknologi dengan harga terjangkau (affordable technology) dan investasi, penting bagi semua negara utnuk melakukan transisi energi.

Faktor kerjasama akan menjadi kunci bagi suksesnya transisi energi. Dalam pertemuan itu yang turut mendampingi Jokowi adalah Retni Marsuadi Menteri Luar Negeri dan Muhammad Ludfi Menteri Perdagangan.(ant/wld/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs