Kamis, 28 Maret 2024

Jokowi Dukung Inisiasi Pengusaha Swasta Bangun Rumah Oksigen Gotong Royong

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur yang diinisiasi pengusaha swasta, Sabtu (24/7/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong, tempat isolasi pasien Covid-19, di daerah Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu (24/7/2021) sore.

Rumah Oksigen Gotong Royong diinisiasi grup perusahaan teknologi GoTo bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, PT Aneka Gas Industri (Samator Grup), serta PT Master Steel, Tripatra Engineering, dan Halodoc.

Sesudah berkeliling sekitar lokasi, Presiden mengatakan fasilitas kesehatan itu kemungkinan akan selesai awal Agustus 2021.

Presiden mengapresiasi inisiatif pengusaha swasta membuat Rumah Oksigen Gotong Royong yang bisa menampung 500 pasien terinfeksi Virus Corona.

Fasilitas itu diharapkan bisa mengurangi tekanan di rumah sakit, terutama di sejumlah provinsi dengan tingkat keterisian ranjang yang tinggi.

Pada kesempatan itu, Jokowi mendorong pengusaha swasta memperbanyak fasilitas kesehatan di daerah-daerah lain, bukan cuma di Jakarta.

“Adanya penambahan fasilitas kesehatan ini mengurangi BOR rumah sakit. Saya sangat menghargai dan berharap ini bukan cuma dibangun, dikerjakan di Jakarta saja, tetapi bisa ditiru di tempat-tempat lain, di provinsi-provinsi lain. Kami harapkan ini segera bisa dioperasikan dan bisa dimanfaatkan oleh rakyat,” ujar Presiden.

Andre Soelistyo CEO GoTo yang hadir di lokasi menjelaskan, rumah oksigen adalah tempat isolasi untuk pasien Covid-19 yang butuh akses oksigen dan obat-obatan.

Rumah Oksigen Gotong Royong adalah fasilitas kesehatan semipermanen yang dilengkapi peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan untuk pasien Covid-19 bergejala sedang.

Andre bilang, tujuan pembangunan Rumah Oksigen Gotong Royong adalah membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen medis, sekaligus mengurangi beban rumah sakit.

“Kami sudah jelaskan kepada Bapak Presiden, rumah oksigen ini adalah tempat isolasi dengan akses oksigen. Jadi, untuk kasus-kasus para pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen bisa masuk ke fasilitas ini dan juga mendapatkan obat dan akses ke oksigen,” katanya.

Sementara itu, Arsjad Rasjid Ketua Umum Kadin Indonesia menyambut baik pembangunan rumah oksigen pertama inisiasi kalangan pengusaha.

Dia optimistis, inisiatif serupa bisa menjalar ke daerah yang butuh tambahan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19 seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan daerah lainnya.

“Harapannya ini adalah yang pertama, tapi akan ada rumah oksigen lainnya. Selain di sini, nanti di Jawa Timur, di Jawa Tengah, dan lain-lain,” ucapnya.

Pengusaha sukses yang menjabat Presiden Direktur PT Indika Energy itu mengajak rekan-rekannya sesama pengusaha gotong royong untuk memenangkan perang melawan pandemi Covid-19.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs