Jumat, 19 April 2024

Jokowi Pantau Progres Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden mengunjungi lokasi pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang, di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu (19/5/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Rabu (19/5/2021) mengunjungi lokasi pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Jalan Tol seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer merupakan bagian dari Tol Trans-Sumatera yang akan membentang dari Aceh sampai Lampung dengan panjang 3.049 kilometer.

“Jalan tol seksi Pekanbaru-Bangkinang ini nantinya akan terhubung ke arah Padang. Kita harapkan perkembangan pembangunannya semakin hari semakin panjang,” ujar Presiden di sela peninjauan.

Sampai sekarang, proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol seksi tersebut sudah mencapai 60,70 persen. Sementara untuk proses konstruksi mencapai 65,60 persen.

Konstruksi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan selesai pada Desember 2021. Tol itu nantinya akan terhubung dengan jalan tol yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Dengan semakin terhubungnya banyak wilayah di Pulau Sumatera, Presiden berharap akan muncul kecepatan mobilitas orang dan barang sehingga meningkatkan daya saing Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Produk-produk yang ada baik di Provinsi Riau dan di Kota Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara lain,” tegasnya.

Berdasarkan data yang diterima Jokowi, proyek pembangunan ruas jalan tol tersebut mampu menyerap 11.984 tenaga kerja.

Proyek tersebut juga menjalankan program padat karya tunai dengan anggaran yang direncanakan senilai Rp21,13 miliar untuk menyerap 5.788 tenaga kerja pada tahun 2021.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs