Rabu, 24 April 2024

Jokowi Presiden akan Resmikan Fasilitas Pengolahan Sampah di Benowo Surabaya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden siap berangkat menuju Provinsi Jawa Timur, Kamis (6/5/2021), menumpang Pesawat Kepresidenan dari Pangkalan Udara Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta. Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (6/5/2021), kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Kali ini, ada dua lokasi yang akan didatangi Presiden, yaitu Kabupaten Lamongan dan Kota Surabaya.

Sekitar pukul 07.00 WIB, Presiden bersama rombongan terbatas antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo.

Setibanya di Jawa Timur, Presiden dijadwalkan langsung menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong, di Kabupaten Lamongan.

Di situ, Jokowi Presiden akan meninjau sarana dan prasarana pengolahan ikan, serta berdialog dengan perwakilan nelayan setempat.

Kemudian, Presiden juga akan meninjau pabrik pengolahan makanan laut yang sebagian besar produknya diekspor ke mancanegara.

Selesai kegiatan di Kabupaten Lamongan, Kepala Negara bersama rombongan terbatas dijadwalkan menuju Kota Surabaya.

Di Kota Pahlawan, RI 1 akan mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik yang akan diresmikan Presiden itu, merupakan percontohan untuk daerah lain di Indonesia.

Sekadar informasi, pembangunan fasilitas pengelolaan sampah menjadi energi listrik di sejumlah daerah prioritas, mulai dibahas khusus Presiden bersama jajaran terkait dalam rapat terbatas 16 Juli 2019.

Semangat dari pembangunan fasilitas tersebut bukan cuma urusan penyediaan listrik, tapi juga untuk membenahi manajemen pengelolaan sampah di kota-kota besar.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs