Sabtu, 4 Desember 2021

Kampung Merah Putih, Wujud Nasionalisme dan Bela Negara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satgas Pam Pulau Terluar Pos Pulau Ndana dan mendapat dukungan dari Lanal Pulau Rote, BNNK Rote Ndao, beserta segenap instansi di kabupaten Rote Ndao. Foto: Dispen Kormar

Kampung Merah Putih Satgas Pam Pulau Terluar wilayah timur Pos pulau Ndana di desa Oeseli Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, diresmikan Paulina Haning Bullu, Bupati Rote Ndao, dalam rangka menyambut Peringatan Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia 2021, Sabtu (14/8/2021).

Kampung Merah Putih yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air itu merupakan inisiasi dan gagasan Satgas Pam Pulau Terluar Pos Pulau Ndana dan mendapat dukungan dari Lanal Pulau Rote, BNNK Rote Ndao, beserta segenap instansi di kabupaten Rote Ndao.

Lettu Marinir Aghy Kauna Komandan Satgas Pulau Terluar Wilayah Timur menyampaikan, Kampung Merah Putih itu merupakan cikal bakal Kampung Bahari Nusantara yang kelak akan dibina secara berkelanjutan oleh TNI AL melalui Lanal Pulau Rote.

Sejak 20 Juli 2021 lalu, bersama masyarakat desa Oeseli TNI AL bahu membahu mempersiapkan diri mewarnai seluruh bangunan serta pohon dengan nuansa merah putih.

Selain itu, mereka juga menghias kampung dengan umbul umbul serta bendera merah putih untuk menambah semangat serta semarak kemerdekaan Republik Indonesia yang tercinta.

Lettu Aghy Kauna mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, media, penggiat usaha, instansi daerah dan segenap yang mendukung Kampung Merah Putih ini dapat terwujud.

Dia sampaikan juga bahwa dalam acara peresmian kampung merah putih itu Satgas Pengamanan Pulau Terluar Pos Pulau Ndana juga membagikan 500 masker dan bendera merah putih kepada masyarakat dan anak-anak.

Juga tes urine, pelatihan kader bela negara oleh Ka BNNK Rote Ndao selaku instruktur kader bela negara, penyuluhan UMKM kepada petenun tradisional merah putih oleh Bank NTT, dan sosialisasi pajak oleh DJP Rote Ndao.

Dalam acara kaderisasi bela negara, Satgas Pam Pulau Terluar memberikan pengenalan permainan outbond untuk menambah semangat dan kesemarakan kaderisasi.

Ke depan diharapkan masyarakat yang telah menerima pembekalan bela negara dapat menjadi contoh dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

“Semoga Kampung Merah Putih di ujung selatan NKRI ini dapat menginspirasi dan menjadi contoh semangat kemerdekaan dan perjuangan ditengah Pandemi Covid-19,” kata Aghy Kauna.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
32o
Kurs