Kamis, 25 April 2024

Kebakaran di RSUP Kariadi Semarang Akibat Korsleting Listrik dari Alat MRI

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ruang MRI RSUP Dr. Kariadi Semarang yang terbakar pada Kamis (30/12/2021) malam. Foto: Antara

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang mengalami kebakaran pada Kamis (30/12/2021) malam.

Berdasarkan hasil forensik, pemicunya adalah hubungan arus pendek listrik atau korsleting di Ruang Magnetic Resonance Imaging (MRI) Instalasi Onkologi RSUP Dr. Kariadi Semarang.

“Hasil resmi dari laboratorium forensik, terdapat kegagalan kelistrikan saat alat MRI dioperasikan,” kata Irjen Pol. Ahmad Luthfi Kapolda Jawa Tengah saat menyampaikan hasil olah tempat kejadian peristiwa oleh Pusat Laboratorium Forensik Polda Jateng, Jumat (31/12/2021).

Mengutip Antara, sesaat sebelum terjadi kebakaran, menurut Ahmad Luthfi, alat MRI tersebut sedang digunakan untuk pemeriksaan seorang pasien.

Hubungan arus pendek listrik sendiri, kata Kapolda, dari hasil pemeriksaan terjadi pada setop kontak di area tersebut.

Hasil pemeriksaan oleh ahli forensik ini, selanjutnya akan diperkuat dengan keterangan saksi yang sudah dimintai keterangan oleh kepolisian.

Sementara itu, Kombes Pol. Slamet Iswanto Kepala Bidang Pusat Laboratorium Forensik Polda Jateng menambahkan terdapat bekas terbakar salah satu setop kontak di ruang tersebut.

Terlebih lagi, menurut dia, dinding ruang MRI tersebut dirancang dari bahan baku yang bertujuan menyerap suara akibat bunyi mesin yang bising.

“Saat alat dioperasikan terdengar suara gemericik disertai dengan asap,” katanya.

Sejumlah bukti, seperti abu arang serta sejumlah peralatan yang diduga sebagai penyebab kebakaran, kata Kombes Pol. Slamet Iswanto, turut diamankan dalam olah tempat kejadian peristiwa itu.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs