Rabu, 26 Januari 2022

Kemenag Minta Maksimalkan Potensi Zakat Saat Ramadhan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kamaruddin Amin Dirjen Bimas Islam. Foto: Istimewa

Kamaruddin Amin Dirjen Bimas Islam meminta agar potensi zakat lebih dimaksimalkan, terutama dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Tentu momentumnya sangat luar biasa dan ideal sekali untuk menggalakkan perzakatan di Indonesia pada bulan suci Ramadhan, karena zakat telah berfungsi dalam meningkatkan kesejahteraan umat,” ungkap Kamaruddin dalam arahannya terkait rapat Pembahasan Tentang Pengelolaan Zakat Pendapatan di Kota Bekasi, Jumat (26/3/2021).

Kamaruddin mengatakan di beberapa negara muslim lainnya, potensi zakat sudah mampu dikapitalisasi secara fundamental, sehingga menjadi instrumen strategis untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam.

“Di Indonesia sesungguhnya zakat telah berfungsi secara instrumental, tetapi terasa belum maksimal sehingga perlu ikhtiar untuk melakukan langkah strategis agar meningkatkan tata kelola zakat di Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin Wakil Presiden menyebut potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp230 triliun. Namun saat ini, realisasi zakat yang terkumpul baru sekitar delapan triliun rupiah atau sebesar 3,5 persen.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 26 Januari 2022
30o
Kurs