Jumat, 26 April 2024

Kemenag Minta Maksimalkan Potensi Zakat Saat Ramadhan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kamaruddin Amin Dirjen Bimas Islam. Foto: Istimewa

Kamaruddin Amin Dirjen Bimas Islam meminta agar potensi zakat lebih dimaksimalkan, terutama dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Tentu momentumnya sangat luar biasa dan ideal sekali untuk menggalakkan perzakatan di Indonesia pada bulan suci Ramadhan, karena zakat telah berfungsi dalam meningkatkan kesejahteraan umat,” ungkap Kamaruddin dalam arahannya terkait rapat Pembahasan Tentang Pengelolaan Zakat Pendapatan di Kota Bekasi, Jumat (26/3/2021).

Kamaruddin mengatakan di beberapa negara muslim lainnya, potensi zakat sudah mampu dikapitalisasi secara fundamental, sehingga menjadi instrumen strategis untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam.

“Di Indonesia sesungguhnya zakat telah berfungsi secara instrumental, tetapi terasa belum maksimal sehingga perlu ikhtiar untuk melakukan langkah strategis agar meningkatkan tata kelola zakat di Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin Wakil Presiden menyebut potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp230 triliun. Namun saat ini, realisasi zakat yang terkumpul baru sekitar delapan triliun rupiah atau sebesar 3,5 persen.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs