Jumat, 29 Maret 2024

Kemendikbudristek Kembangkan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Pusat Sumber Belajar Sekolah. Foto: PSB Sekolah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi informasi yang dikenal dengan Rumah Belajar. Aplikasi yang telah dikembangkan sejak 2011 itu memiliki dua fitur menarik, yaitu laboratorium maya dan pustaka maya.

“Aplikasi ini merupakan portal pembelajaran berbasis laman yang berisi berbagai macam metode pembelajaran. Mulai dari sumber belajar kelas maya yang dapat diakses orang tua, guru di sekolah, peserta didik dan masyarakat,” ujar Sri Wahyuningsih Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Sri menjelaskan fitur dalam Rumah Belajar yang bernama pustaka maya. Aplikasi ini adalah layanan pustaka digital yang berisi berbagai topik bahan belajar yang dapat diakses masyarakat melalui laman https://psbsekolah.kemdikbud.go.id/.

Fitur lainnya yaitu laboratorium maya yang bentuknya seperti laboratorium riil yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran ataupun penelitian secara ilmiah. Sri mengatakan, portal ini hadir untuk memperkuat literasi sains pengunjung.

“Ini merupakan upaya konkrit pemerintah dalam menyiapkan Profil Pelajar Pancasila untuk pelajar kita yang menjadi elemen penting untuk mempersiapkan generasi unggul di masa yang akan datang,” jelasnya.(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs