Jumat, 26 April 2024

Kemenkes Klaim PPKM dan Vaksinasi Berhasil Menekan Kasus Covid-19 di Tanah Air

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi PPKM. Grafis: suarasurabaya.net

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Kementerian Kesehatan urusan Vaksinasi Covid-19 mengatakan, upaya yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat berhasil menekan angka kasus infeksi Virus Corona di Tanah Air.

Menurutnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan program vaksinsi nasional, mulai menunjukkan hasil yang diharapkan.

Dokter Nadia bilang, kasus aktif Covid-19 nasional menurun secara konsisten dari puncak kasus terbanyak pada bulan Juli 2021.

Data hari Rabu (25/8/2021), ada penurunan kasus aktif Covid-19 sebanyak 16.073 kasus dari hari sebelumnya. Dengan begitu, sementara ini kasus aktif tercatat sebanyak 257.677 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Indikator lain yang menunjukkan keberhasilan penanganan pandemi adalah semakin banyaknya pasien Covid-19 yang sembuh. Bahkan, beberapa pekan terakhir angka kesembuhan lebih dari 30 ribu orang per harinya.

Terkait vaksinasi, Siti Nadia bilang, Indonesia menduduki peringkat enam dunia dalam jumlah orang yang sudah divaksin, dan posisi ketujuh dunia dalam jumlah dosis vaksinasi.

“Sampai sekarang, sudah lebih dari 57 juta penduduk Indonesia sudah mendapatkan suntikan vaksin baik dosis pertama mau pun kedua. Sementara untuk jumlah dosisnya sudah disuntikkan sebanyak 91,1 juta dosis vaksin,” ujarnya di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Lebih lanjut, Dokter Nadia mengungkapkan, berdasarkan evaluasi mingguan, ada penurunan kasus sekitar 34 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

“Penurunan kasus signifikan ada di Provinsi Papua Barat, Maluku dan Jawa Tengah,” katanya.

Tapi, dia menilai, penurunan kasus berhubungan dengan jumlah orang yang diperiksa. Maka dari itu, pemerintah mendorong provinsi, kabupaten/kota meningkatkan pengetesan di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan mencatat jumlah kematian akibat Covid-19 pekan ini menurun 16 persen dari pekan sebelumnya.

Kemudian, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) di semua provinsi tidak ada yang terisi di atas 70 persen. Angka rata-rata BOR nasional per 24 Agustus sekitar 31,15 persen.

Walau penyebaran Covid-19 mulai terkendali, pemerintah tetap mengimbau masyarakat waspada, dan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs