Rabu, 25 Mei 2022

Kementerian BUMN Targetkan Kepemimpinan Perempuan 25 Persen pada 2023

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
perempuan-bumn Tangkapan layar - Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata (tengah) bersama Ketua Srikandi BUMN Tina T. Kemala Intan (kedua kiri) dan finalis Girls Take Over Sharon Florencia (kedua kanan) dalam konferensi pers daring di Jakarta, Senin (11/10/2021). Foto: Antara

Kementerian BUMN berkomitmen mencapai target kepemimpinan wanita di BUMN sebesar 25 persen dan kepemimpinan generasi muda sebesar 10 persen pada 2023 mendatang.

“Kami akan berkomitmen sesuai target untuk kepemimpinan perempuan di BUMN sebesar 25 persen pada 2023,” ujar Tedi Bharata Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN dalam konferensi pers daring di Jakarta, dilansir Antara, Senin (11/10/2021).

Ada sejumlah pekerjaan rumah Kementerian BUMN untuk mencapai target itu. Termasuk target kepemimpinan 10 persen anak muda pada tahun yang sama.

“Salah satunya (pekerjaan rumah) program mentoring bagi para perempuan dan juga program yang sedang kami jalankan, kemudian Ketua Srikandi BUMN Ibu Tina T. Kemala Intan sedang menggodok program bersama World Bank untuk mentorship,” katanya.

Kementerian BUMN tidak bekerja sendiri. Kementerian ini melakukan kerja sama dengan pihak lain, termasuk dengan Bank Dunia, untuk peningkatan SDM.

Sebelumnya, Erick Thohir Menteri BUMN secara tegas menginginkan target kepemimpinan wanita di jajaran tinggi BUMN sebanyak 15 persen harus dapat terpenuhi pada 2021 ini.

Dia mendorong lebih banyak perempuan yang menjadi pemimpin atau bos di perusahaan BUMN. Supaya perempuan menancapkan eksistensi mereka sebagai perempuan karir, dibentuklah Srikandi BUMN.

Dengan adanya Srikandi BUMN Erick berharap, akan ada peningkatan keterwakilan perempuan untuk meningkatkan kesetaraan gender di lingkungan BUMN.

Menteri BUMN menyampaikan apresiasi kepada perempuan hebat yang menjalankan kekuatan super sebagai pribadi yang menjalankan multiprofesi setiap harinya.(ant/den/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
28o
Kurs