Jumat, 26 April 2024

Kepala BNPB Tegaskan Empat Hal Penting Soal Penanganan Covid-19 di Jatim

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Letjen TNI Ganip Warsito Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Foto : Manda suarasurabaya.net

Letjen TNI Ganip Warsito Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkunjung ke Jawa Timur untuk menjalin komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi pelaksanaan tugas penanganan Covid- 19.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ibu Gubenur, Pak Kapolda, dan Pak Pangdam atas upaya dan kerja keras menangani Covid sehingga Jawa Timur dalam konteks nasional ada lonjakan tapi masih bisa terkendali dan tertangani,” ujarnya.

Dia menyampaikan itu dalam rapat koordinasi yang dihadiri Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dan Forkopimda serta Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim di Mapolda Jatim, Senin (7/6/2021) malam.

Ganip yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 RI menegaskan, pihaknya selalu meminta dan mengevaluasi perkembangan data Covid yang ada di daerah. Terutama yang berkaitan strategi upaya penanganan.

Menurutnya ada empat hal penting yang perlu dilakukan. Pertama, harus dilihat dari kasus aktifnya, tingkat kesembuhan, angka kematiannya, kemudian ketersediaan BOR (Bed Occupancy Rate) ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

Kedua, dia mengintruksikan agar program tracing dan testing dilakukan lebih masif untuk mengetahui dengan pasti kondisi masyarakatnya. Selanjutnya, ketiga dia ingatkan 5M.

“Kuncinya selalu menggunakan masker. Ini adalah salah satu cara agar terhindar Covid-19, kemudian menjaga jarak, selalu mencuci tangan, hindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” tegasnya.

Hal keempat yang dia tekankan adalah memastikan layanan kesehatan, mulai dari ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, tenaga medis, dan obat-obatan tercukupi. “Sehingga apabila terjadi lonjakan bisa teratasi,” katanya.

Soal penyekatan di Suramadu, Ganip menegaskan hal itu dalam rangka penegakan protokol kesehatan. Alasannya, karena yang membawa virus ini manusia, sehingga mobilitas manusia haris dikontrol.

Untuk itu, dia mengimbau selalu disiplin menjaga protokol kesehatan. Terutama selalu menggunakan masker. “Bersama -sama kita lawan Covid pasti bisa,” ujarnya.(man/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs