Selasa, 18 Januari 2022

Khofifah Bertolak ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru Malam Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Guguran awan panas Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021). Foto: Istimewa

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur memastikan, dirinya akan segera mengunjungi lokasi-lokasi yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Sabtu (4/12/2021) malam ini.

“Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi,” ujar Khofifah Sabtu sore.

Dia menyatakan itu dalam unggahan video yang cukup banyak beredar di media sosial, termasuk diunggah ulang oleh netter Facebook e100 Suara Surabaya Media sejak Sabtu sore tadi.

Baca juga: Semeru Erupsi, Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita

Sekadar mengingatkan, ketika erupsi Gunung Semeru pada 2020 lalu, Khofifah juga mengunggah video gunung yang sedang erupsi dan jamak beredar di media sosial. Tapi video tersebut ternyata hoaks.

Video yang menampakkan muntahan dan lelehan lava pijar dari sebuah gunung itu ternyata merupakan peristiwa erupsi Gunung Fuji di Jepang. Warganet pun ramai-ramai berkomentar di postingan itu.

“Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD, dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru,” ujar Khofifah sebagai pernyataan sangkalan awal.

Baca juga: Jalur Arah Malang dari Desa Sumberwuluh Lumajang Tutup Sementara

Dengan adanya peristiwa erupsi ini, Khofifah meminta masyarakat yang berada cukup dekat dengan lokasi Semeru yang sedang erupsi agar segera mengevakuasi dirinya ke tempat aman.

“Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat…, mohon ihtiar dan do’a mugi selamet sedoyo,” ujarnya.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
30o
Kurs