Sabtu, 27 April 2024

Korlantas Bentuk Satgas ETLE Nasional Tindaklanjuti Program Kapolri

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Irjen Pol Istiono Kakorlantas Polri. Foto: NTMC Polri

Irjen Pol Istiono Kakorlantas Polri membentuk Satgas ETLE Nasional yang bertugas menyiapkan fasilitas untuk memasang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional di jalan-jalan raya dalam rangka menindaklanjuti program Kapolri.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Kapolri mencanangkan program 100 hari kerja pertamanya sebagai pimpinan Korps Bhayangkara, salah satunya memprioritaskan tilang elektronik atau ETLE agar polisi lalu lintas tidak perlu lagi melakukan tilang di lapangan.

“Setelah pelantikan Bapak Kapolri kemarin. Kapolri menyampaikan Commander Wish pada jajaran. Salah satunya di bidang lalu lintas dan penegakan hukum berbasis IT. Nah khususnya masalah penegakan hukum di bidang IT, kami tindak lanjuti untuk membuat program penegakan hukum yang disebut ETLE,” kata Irjen Istiono Kakorlantas Polri di Gedung NTMC Polri Jakarta, dilansir Antara, Jumat (29/1/2021).

Satgas ETLE Nasional akan dipimpin oleh Brigjen Kushariyanto Dirgakkum Korlantas Polri dan wakilnya Brigjen Pol Yusuf Dirregident Korlantas Polri.

ETLE Nasional ini digagas Kakorlantas Polri untuk melaksanakan program Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri untuk memberikan pelayanan lalu lintas yang lebih efisien, mudah dan tepat.

ETLE sendiri sebenarnya sudah digunakan di beberapa wilayah.

Tilang elektronik ini mengandalkan kamera CCTV yang terpasang di jalan raya untuk mendeteksi pelanggar lalu lintas secara otomatis. Nantinya, pelanggar lalu lintas akan dikirimkan surat tilang ke alamat rumah sesuai yang tertera di data kendaraan.

Kakorlantas Istiono pun menargetkan ETLE bisa dipasang dan beroperasi di 19 Polda dalam kurun waktu 100 hari pertama Kapolri.

“Harapannya secara bertahap (dalam) program 100 hari Kapolri, (ETLE) bisa dicapai nanti sampai 19 Polda sehingga penegakan hukum ini terus otomatis berbasis IT,” kata mantan Kapolda Babel ini.

Peresmian ETLE dalam waktu dekat akan dilakukan di tiga Polda dan empat Polresta, yakni Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Riau, Polresta Jambi, Polresta Gresik, Polresta Batam dan Polresta Padang.

Untuk saat ini, baru tiga Polda yang sistem ETLE-nya telah berjalan yakni Polda Metro Jaya, Polda DIY dan Polda Jatim. Di tiga Polda tersebut sebagian kamera ETLE sudah terpasang di jalan-jalan utama. (ant/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs