Rabu, 21 April 2021

Kota Surabaya Diprediksi Hujan Ringan Hingga Lebat

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Gana Suara Surabaya

Mendung sudah menyelimuti Kota Surabaya pada Sabtu (6/3/2021) pagi. Sekitar pukul 07.20 WIB, hujan ringan mulai membasahi sebagian wilayah di Kota Pahlawan tersebut.

Huda Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, Surabaya masih berpotensi hujan dari pagi hingga sore nanti dengan intensitas ringan hingga lebat.

“Untuk Surabaya diperkirakan terjadi hujan, seperti pagi tadi kan hujan, intensitas ringan hingga sedang. Lalu siangnya potensi hujan ringan hingga lebat sampai sore. Dan malamnya mereda hanya berawan saja,” kata Huda saat dihubungi suarasurabaya.net, Sabtu pagi.

Sedangkan untuk penerbangan, cuaca Surabaya pagi ini masih terpantau kondusif dengan kecepatan angin 5-15 km/jam yang melaju dari arah barat. Meski masih diselimuti kabut tipis, namun Huda menambahkan, kabut perlahan akan menghilang saat siang hari.

“Yang perlu diwaspadai oleh penerbangan saat siang hingga sore karena berpotensi hujan,” tambahnya.

Untuk perairan selatan Jawa, tinggi gelombang terpantau cukup tinggi yakni hingga 2,5 meter. Sedangkan untuk di perairan Gresik tinggi gelombang 0,1 – 0,25 meter, dan perairan utara Jawa Timur setinggi 0,2 – 0,5 meter.

“Yang perlu diwaspadai perairan utara atau selat Madura karena ada potensi hujan ringan hingga lebat jadi gelombang bisa meningkat,” kata Huda.

Berdasarkan laman  yang dipantau suarasurabaya.net pada Sabtu pagi, BMKG juga sudah memprediksi hujan ringan pada pagi hari dengan suhu 24 derajat Celcius dengan kecepatan angin 10 km/jam menuju barat.

Setelah itu, matahari terlihat karena cuaca diprediksi cerah berawan dengan angin berhembus lebih cepat sekitar 20 km/jam.

Namun pada siang harinya, Kota Surabaya diperkirakan akan diguyur hujan deras disertai petir dengan angin kencang dengan kecepatan 30 km/jam.

Baru pada sore harinya, hujan deras akan mereda namun masih disertai hujan ringan dan angin yang mulai melambat.

Usai seharian diguyur hujan, cuaca malam hari di Kota Surabaya berawan dengan suhu 25 derajat celcius dengan kelembaban udara 85 persen. Semakin malam, kelembaban udara di Kota Surabaya semakin meningkat hingga 90 persen.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Rabu, 21 April 2021
25o
Kurs