Senin, 26 Februari 2024

KPK Lakukan Penyidikan Kasus Suap Puluhan Miliar di Ditjen Pajak

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Alexander Marwata Wakil Ketua KPK. Foto: Antara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan penyidikan kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Alexander Marwata Wakil Ketua KPK menegaskan, modus dugaan suap di Ditjen Pajak ini modusnya sama seperti kasus-kasus sebelumnya yang pernah diusut KPK.

Modus tersebut, kata dia, wajib pajak memberi suap kepada pemeriksa pajak dengan tujuan agar nilai pajaknya menjadi rendah.

“Modusnya bagaimana supaya Wajib Pajak (WP) bayar pajak rendah yakni dengan cara menyuap,” ujar Alex di gedung KPK , Selasa (2/3/2021).

Menurut Alex, nilai suap dalam kasus ini cukup besar yakni puluhan miliar yang melibatkan tim pemeriksa. Saat ini perkara tersebut sudah dalam tahap penyidikan.

“Penyidik KPK masih mengumpulkan bukti-bukti kasus tersebut sebelum mengumumkan ke publik secara detil nantinya,” jelas Alex.

Meskipun KPK menjelaskan kalau kasus dugaan suap di Ditjen Pajak sudah pada tahap penyidikan, tetapi KPK belum mengumumkan tersangkanya sampai tersangka tersebut ditangkap dan ditahan.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs