Senin, 6 Mei 2024

KSAD Bantu Amasya Kakak Aprilio Manganang yang Juga Mengalami Hipospadia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Amasya Anggraini Manganang (dua dari kanan) kakak kandung Sersan Dua Aprilio Perkasa Manganang juga mengalami kelainan sistem reproduksi (hipospadia). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Jenderal TNI Andika Perkasa Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) mengungkapkan, Amasya Anggraini Manganang kakak kandung Sersan Dua Aprilio Perkasa Manganang juga mengalami kelainan sistem reproduksi (hipospadia).

Menurut Jenderal Andika, Amasya menyampaikan kegalauannya mengenai kondisi yang selama ini dialami. Atlet voli putri itu juga meminta bantuan KSAD untuk diperiksa secara medis.

“Amasya sempat curhat kepada saya. Dia bilang juga ingin diperiksa. Kalau bisa dibantu, dia ingin menjadi dirinya yang sebenarnya. Kami pun siap membantunya. Kami akan siapkan prosedur sama, karena Amasya juga mengalami hipospadia serius,” ujarnya di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Rencananya, Amasya akan menjalani dua kali operasi perbaikan sistem reproduksi di RSPAD Gatot Soebroto.

Sekadar informasi, Aprilio Manganang yang sebelumnya bernama Aprilia Manganang, resmi berganti kelamin dari perempuan menjadi laki-laki.

Pergantian nama dan jenis kelamin itu diputuskan Hakim Pengadilan Negeri Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (19/3/2021).

Keterangan Dokter Guntoro spesialis bedah plastik dalam kesaksiannya di hadapan hakim, Aprilia Manganang diketahui tidak punya organ perempuan yaitu rahim.

Saksi ahli juga mengatakan, Aprilia tidak pernah haid. Tapi, Aprilia punya testis dan penis yang bentuknya tidak normal, karena kelainan hipospadia sejak lahir.

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis antara lain kadar hormon testoteron, urologi, dan pencitraan resonansi magnetik yang dilakukan pada 3 Februari 2021, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Aprilio Manganang seorang laki-laki.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs