Kamis, 8 Desember 2022

Lewat Vaksinasi, Presiden Ingin Wartawan Terlindung dari Ancaman Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk wartawan, Kamis (25/2/2021), di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden memantau pelaksanaan vaksinasi massal untuk kalangan wartawan di Hall A Basket, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat,  Kamis (25/2/2021) pagi.

Vaksinasi dosis pertama untuk 5.512 wartawan yang terdaftar di Jakarta, berlangsung mulai hari ini sampai Sabtu (27/2/2021).

Para wartawan yang mengikuti program vaksinasi menjalani tahapan validasi data, pemeriksaan kondisi kesehatan, dan mengantre sebelum mendapatkan satu dosis suntikan Vaksin Covid-19.

Sesudah melihat sejumlah titik di lokasi, Presiden mengatakan, vaksinasi wartawan merupakan realisasi janji yang diucapkannya pada puncak peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari lalu.

“Sesuai yang saya sampaikan pada saat Hari Pers Nasional, Pemerintah ingin mendahulukan insan pers untuk divaksinasi. Alhamdulillah pada pagi hari ini sudah dimulai,” ujarnya.

Jokowi berharap vaksinasi memberikan perlindungan kepada wartawan dari ancaman infeksi Virus Corona.

Karena wartawan di lapangan yang sering berinteraksi dengan publik dan narasumber, termasuk orang yang berisiko tinggi tertular atau menularkan Covid-19.

“Ini memberikan perlindungan yang baik bagi insan pers yang pagi hari ini telah vaksinasi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga berharap vaksinasi dilaksanakan di provinsi lain, supaya para pewarta di seluruh Indonesia terlindungi.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan sudah menyusun empat tahap pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, dengan target 181 juta orang di seluruh Indonesia.

Tahap pertama dan tahap kedua dijadwalkan mulai Januari sampai April 2021. Sedangkan tahap ketiga dan tahap keempat akan dilaksanakan mulai April 2021 sampai Maret 2022.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, tenaga medis, tenaga penunjang serta mahasiswa kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian, sasaran tahap kedua adalah petugas pelayanan publik TNI-Polri, aparat penegak hukum, dan petugas pelayanan publik di bandara, pelabuhan, stasiun atau terminal.

Lalu, para pekerja bidang perbankan, guru dan tenaga pendidik, wartawan, petugas layanan masyarakat lainnya, serta kelompok masyarakat berusia 60 tahun ke atas.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga, masyarakat kelompok rentan tertular dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Vaksinasi tahap keempat, targetnya masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster, sesuai ketersediaan vaksin.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
31o
Kurs