Kamis, 28 Maret 2024

Mahasiswa Indonesia Pamer Karya Desain Produk di Party Volume 6

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Party Volume 6 yang digelar Fakultas Industri Kreatif Ubaya diikuti mahasiswa Desain Produk se Indonesia secara virtual. Foto: Humas Ubaya

Performance Art by Youth (Party) merupakan even rutin jadi wadah menampilkan hasil karya desain produk mahasiswa FIK Ubaya. Party Volume 6 bertema Ruang Meraki. Yang bermakna ruang memiliki arti rongga yang tidak terbatas, dan meraki dalam bahasa Yunani berarti melakukan sesuatu dengan jiwa, kreativitas dan cinta. Jadi Ruang Meraki dapat dimaknai sebuah ruang untuk melakukan dan menghasilkan suatu karya.

“Party Volume 6 terasa istimewa karena FIK Ubaya mendapat kepercayaan dan kesempatan menjadi host dalam penyelenggaraan IIDSA 2. IIDSA adalah kompetisi sekaligus penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa desain produk Indonesia oleh Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, Asosiasi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII). Penyelenggaraan ini bertujuan untuk memperkenalkan bidang ilmu desain produk kepada masyarakat luas. Selain itu, Party akan menghubungkan mahasiswa program studi desain produk se-Indonesia dan menjadi medium bagi mahasiswa untuk mendapatkan kritik sekaligus apresiasi karya yang telah mereka telurkan,” terang Hairunnas, S.Ds., M.MT., Dosen Fakuktas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya (Ubaya), Senin (20/12/2021).

Ditambahkan Achmad Syarief, MSD, Ph.D. selaku Ketua Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, penghargaan dan apresiasi kepada Program Studi Desain Produk FIK Ubaya atas upaya dalam mengkoordinir pelaksanaan IIDSA Ke-2. Dirinya juga mengucapkan terima kasih untuk partisipasi anggota Forum Program Studi Desain Produk Indonesia dalam IIDSA 2.

“IIDSA 2 ini merupakan langkah bersama untuk terus mengembangkan peran keilmuan dan profesi desain produk di Indonesia. Pelaksanaan IIDSA 2 memasuki tahap seleksi dan kurasi lebih ketat dengan menyesuaikan target luaran hasil pembelajaran desain produk dalam format kompetisi,” ujar Achmad Syarief.

Forum Program Studi Desain Produk Indonesia ADPII juga meluncurkan buku berjudul Konvensi Desain yang Baik Level 6 KKNI – Indonesia dengan topik Kriteria Good Design Tingkat Sarjana. Achmad Syarief berharap buku ini dapat digunakan sebagai pelaksanaan pembelajaran program studi desain produk di Indonesia.

Perwakilan dewan kurator Forum Program Studi Desain Produk Indonesia ADPII, Ellya Zulaikha, S.T., M.Sn., Ph.D., menyampaikan terdapat 52 karya yang terdaftar untuk dikompetisikan dalam IIDSA 2 dengan 30 kategori award. Mulai dari User-friendly Design Solution, Emotional Design Solution, hingga Unique Design Solution. Timoty Lombardi, mahasiswa FIK Ubaya berhasil mendapatkan penghargaan kategori Design with Aesthetic Appeal dalam awarding ceremony IIDSA 2 dengan karya berjudul Champaka Jewelry Panji The Series. Selama berproses membuat karya tersebut, Timoty Lombardi selalu didampingi oleh Wyna Herdiana, S.T., M.Ds. dan Guguh Sujatmiko, S.T., M.Ds. selaku dosen pembimbing.

Setelah awarding ceremony IIDSA 2, acara dilanjutkan pameran Party Volume 6 by FIK Ubaya yang diselenggarakan secara virtual hinga 27 Desember 2021. Masyarakat yang tertarik ingin melihat hasil karya mahasiswa program studi desain produk Indonesia dapat mengakses link https://bit.ly/ruangmeraki. Pengunjung pameran terdiri dari kurator, akademisi, praktisi desain produk dan masyarakat umum. Mereka yang hadir dalam pameran dapat menjadi apresiator desain produk.

“Ada puluhan karya mahasiswa dari 21 universitas yang tergabung dalam Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, termasuk karya mahasiswa FIK Ubaya. Setelah terselenggaranya acara ini, FIK Ubaya secara khusus berharap bisa berkontribusi dan mempercepat lompatan inovasi desain produk nasional. Acara ini juga diharapkan berdampak positif untuk meningkatkan inovasi yang dihasilkan mahasiswa desain produk di Indonesia,” pungkas Hairunnas.

Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya (Ubaya) menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran karya mahasiswa program studi desain produk se-Indonesia. Kali ini FIK Ubaha bekerja sama dengan Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) menyelenggarakan Indonesia Industrial Design Student Award Ke-2 (IIDSA 2) dan dilanjutkan Party Volume 6 by FIK Ubaya. Pameran yang digelar secara virtual diikuti oleh puluhan mahasiswa dari 21 universitas terkemuka yang tergabung dalam Forum Program Studi Desain Produk Indonesia.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs