Minggu, 14 Agustus 2022

Sambut Sumpah Pemuda, Ubaya Beri Beasiswa untuk Pelajar Berpengalaman OSIS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Benny Lianto Rektor Ubaya (kiri) menyaksikan penandatanganan deklarasi yang dilakukan perwakilan pelajar pada peringatan Sumpah Pemuda. Foto: humas Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) menghadirkan Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan bagi pelajar SMA dan SMK di Indonesia yang punya pengalaman Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Momentum itu digagas bertepatan dengan peringatan ke-93 tahun Sumpah Pemuda. Beasiswa itu diharapkan mendorong lahirnya generasi pemimpin muda yang unggul di masa depan.

Benny Lianto Rektor Ubaya meluncurkan. Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan ini secara luring (luar jaringan/offline) ditandai penandatangan deklarasi oleh perwakilan pelajar OSIS SMA/SMK Surabaya dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Surabaya (BEMUS), Kamis (28/10/2021).

Siswa-siswi yang punya pengalaman OSIS dari enam SMA dan SMK di Kota Surabaya, di antaranya SMA Katolik St. Louis 1, SMA Katolik Frateran, SMA Katolik Santa Agnes, SMA Kristen Petra 5, SMA Katolik Santo Yusup, dan SMA Katolik Santo Carolus, turut hadir.

Sumpah Pemuda dirayakan sejak 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda merupakan ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Melihat sejarah lahirnya Sumpah Pemuda yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda, Ubaya ingin membangkitkan kembali semangat pemuda-pemudi masa kini melalui pendidikan.

“Universitas Surabaya melihat bahwa bangsa Indonesia membutuhkan lebih banyak pemimpin-pemimpin muda yang unggul dalam berbagai bidang. Pemimpin muda unggulan di masa depan tentu harus berkualitas, berkarakter dan berintegritas. Ubaya sebagai perguruan tinggi memiliki peran untuk mencoba menciptakan pemimpin muda unggulan untuk Indonesia. Oleh karena itu, kami hadirkan Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan,” kata Benny Lianto, Kamis (28/10/2021).

Benny Lianto menambahkan jika program beasiswa tersebut diperuntukkan secara khusus bagi para ketua maupun pengurus OSIS dari siswa-siswi SMA atau SMK sederajat seluruh Indonesia.

Namun, lulusan SMA dan SMK yang belum tergabung di OSIS tetapi terlibat atau memiliki pengalaman berorganisasi di luar sekolah serta keinginan untuk menjadi pemimpin masa depan juga bisa mengikuti program Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan.

Ubaya ingin pemimpin muda unggulan tidak hanya aktif dalam organisasi tetapi mempunyai potensi akademik yang baik dengan menyediakan beasiswa.

Program Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan ini memberikan beasiswa dengan potongan sebesar 50 sampai 75 persen Uang Sumbangan Pendidikan (USP) dan Uang Penyelenggaraan Pendidikan (UPP) di semester pertama.

Ubaya berharap dengan adanya program beasiswa tersebut akan lahir pemimpin muda unggulan yang mampu membawa Indonesia lebih maju.

Hari Sumpah Pemuda bagi Ubaya juga dimaknai sebagai semangat baru untuk menghasilkan pemimpin muda unggulan yang bisa hidup secara harmonis di dalam berbagai perbedaan.

Pemimpin muda unggulan di masa mendatang diharapkan dapat hidup bersama atau berdampingan di dalam berbagai macam perbedaan yang dimiliki masyarakat.

Selama berkuliah di Ubaya, ada banyak wadah organisasi untuk melatih jiwa kepemimpinan para lulusan siswa-siswi SMA dan SMK agar mampu menjadi generasi pemimpin dan agen perubahan masa depan.

Mereka bisa aktif terlibat dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Surabaya (BEMUS) atau BEM Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan masih banyak yang lain.

“Saya berharap masyarakat, orang tua dan siswa-siswi SMA atau SMK di seluruh Indonesia bisa memanfaatkan beasiswa ini. Selain belajar di Ubaya untuk meraih cita-cita, mereka juga akan dibentuk dalam leadership camp sehingga bisa menjadi lulusan yang andal dan unggul di masa mendatang,” pungkas Benny Lianto.(tok/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Minggu, 14 Agustus 2022
24o
Kurs