Kamis, 25 April 2024

Masjid Nasional Al Akbar Siap Gelar Salat Id Besok Pagi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Suasana Salat Iduladha pada 2020 di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Foto: dok. suarasurabaya.net

Masjid nasional Al Akbar memastikan kesiapannya untuk menggelar Salat Idulfitri 1442 Hijriah secara berjemaah dengan pembatasan tertentu, Kamis (13/5/2021) pagi.

Helmy Nur Humas Masjid Nasional Al Akbar menyampaikan bahwa seluruh persiapan sudah dilakukan. Termasuk beberapa kali simulasi sudah dilaksanakan untuk mengukur kesiapan pelaksanaan Salat.

“Seluruhnya sudah siap. Kami memang sudah persiapkan sebelumnya. Termasuk simulasi pelaksanakan Salat Idulfitri juga sudah kami lakukan beberapa kali untuk mengukur kesiapan, sekaligus melihat persiapannya sampai sejauh mana. Semua sesuai rencana,” katanya.

Helmy menambahkan, sejauh ini ada beberapa tahapan sebelum memasuki masjid atau lokasi sholat. Mulai dari titik verifikasi sampai dengan pencocokan identitas yang wajib diikuti jemaah yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri.

“Yang penting juga adalah persiapan masing-masing sebelum memasuki lokasi masjid. Misalnya kepatuhan protokol kesehatan, ini juga penting dipatuhi masyarakat. Agar saat pelaksanaan salat juga bisa lancar dan tidak terhambat kendala,” ujar Helmy.

Oleh karena itu dia ingatkan lagi agar sejak awal masyarakat mempersiapkan diri dan mengikuti arahan yang sudah ditentukan. Dengan kesiapan masing-masing jemaah, hal itu akan membantu panitia Salat Id dalam menjalankan tugasnya.

“Hal sepele misalnya sandal atau sepatu, kami sudah umumkan bahwa warga masyarakat wajib membawa tas atau kresek untuk menyimpan alas kakinya masing-masing. Tidak ada penitipan untuk barang-barang pribadi seperti itu. Ini sebaiknya diperhatikan,” kata Helmy. (tok/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs