Sabtu, 20 April 2024

Masjid Istiqlal Tidak Menggelar Salat Idulfitri 1442 H, Imam Besar Minta Maaf

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Masjid Istiqlal di Jakarta. Foto: Istimewa

Pengurus Masjid Istiqlal, Jakarta menyatakan tidak akan menggelar Salat Idulfitri 1442 Hijriah setelah diputuskan melalui rapat internal dengan pertimbangan khawatir terjadi penularan Covid-19.

“Sesuai dengan keputusan dalam rapat, Istiqlal tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri di tahun ini,” ujar Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal, Selasa (11/5/2021) seperti dilansir Antara.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil simulasi serta koordinasi antara pihak Istiqlal dengan Dewan Pengarah BPMI, yang anggotanya meliputi Muhajir Effendy Menko PMK, Pratikno Menteri Sekretariat Negara, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, Anies Rasyid Baswedan Gubernur DKI Jakarta, dan Miftachul Akhyar Ketua MUI.

Keputusan ini diambil semata-mata demi mencegah potensi penularan Covid-19 yang hingga saat ini masih belum mereda. Di samping itu, meski jika dibatasi hanya 10 persen saja dari kapasitas masjid (250 ribu orang), tetap akan menimbulkan kerumunan.

“Mengingat Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara, 10 persen dari kapasitas masjid bukan jumlah yang sedikit. Jika ada ribuan jemaah yang datang, nanti mereka pasti akan melewati tangga atau jalur yang sama, dan hal itu dikhawatirkan akan menjadi sebab terjadinya penyebaran virus Covid-19,” katanya.

Maka dari itu, ia meminta maaf kepada para jemaah atas keputusan ini dan mendoakan agar pandemi segera berakhir sehingga senantiasa bisa melaksanakan salat berjamaah dengan aman dan nyaman.

“Kita tahu jemaah sudah merindukan untuk melakukan shalat di sini, tapi keadaan belum memungkinkan. Semoga ke depan kita bisa segera melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Istiqlal,” kata dia.

Nasaruddin Umar juga menyampaikan terima kasih kepada jemaah yang sudah selalu beribadah selama Ramadan di Masjid Istiqlal tahun ini. Mereka disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tak ada kabar jemaah positif Covid-19 sepulang dari Istiqlal.

“Terima kasih kepada masyarakat semua yang senantiasa mematuhi protokol kesehatan di Masjid Istiqlal, karena sejak diselenggarakannya ibadah selama Ramadan di Masjid Istiqlal, tidak ada isu adanya kluster baru,” kata dia.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs