Jumat, 19 April 2024

Mensesneg akan Alih Fungsi Lapangan Golf Kemayoran Menjadi Taman Kota

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Pratikno (baju putih tengah) saat menanam pohon di GBK bersama PDIP. Foto : Istimewa

Pratikno Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), memuji sikap politik dan gerakan penghijauan yang dilakukan PDI Perjuangan. Gerakan penanaman pohon massal tersebut disebut sejalan dengan rencana pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sekretaris Negara yang ingin menjadikan lahan milik negara untuk ruang terbuka hijau.

Hal itu disampaikan Pratikno usai mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama pengurus PDIP di Hutan Kota, Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (21/3/2021).

“Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasinya untuk penanaman pohon ini. Karena ini benar benar sesuai dengan semangat kami di Kementerian Sekretariat Negara yang mengelola dua BLU (Badan Layanan Usaha) yaitu GBK dan Kemayoran,” kata Pratikno dalam sambutannya di lokasi penanaman pohon.

Menurut Pratikno, dulu lahan hutan kota di GBK (Gelora Bung Karno) berfungsi sebagai lapangan golf seluas 4,5 hektare. Dan rencananya, kata mantan Rektor Universitas Gadjah Mada, itu hal yang sama bakal dilakukan di kawasan Kemayoran.

“Jadi ini memang gayung bersambut betul (kegiatan penanaman pohon PDIP). Demikian halnya juga dengan Kemayoran. Kemayoran itu ada lapangan golf, seluas 18 hektare. Sekali lagi, tentu saja lapangan golf eksklusif. Tidak bisa masyarakat masuk, 18 hektare, persis di jalan utama itu. Kontraknya habis dan kita putuskan untuk tidak diperpanjang,” kata dia.

Pratikno menambahkan, perubahan fungsi dari lapangan golf di GBK dan Kemayoran menjadi ruang terbuka ditujukan untuk pusat kegiatan masyarakat, khususnya masyarakat Ibu Kota. Selain ruang terbuka hijau, pihaknya juga tengah mendesain jalur sepeda di area Kemayoran.

Pratikno juga mengatakan, beberapa lahan juga rencananya akan ditanam pohon mangrove dan penataan kawasan danau di sana.

“Sesuai arahan Pak Presiden kita harus menyediakan sesuatu yang langka untuk rakyat untuk masyarakat Jakarta khususnya. Yaitu public space oksigen yang berlimpah,” tuturnya.(faz/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs