Sabtu, 27 April 2024

Mensos Blusukan Sisir Eks Lokalisasi di Kota Mojokerto

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mensos saat blusukan di Mojokerto Sabtu (02/01/2021) pagi. Foto: Fuad Maja FM

Sebelas hari pasca Tri Rismaharini dilantik menjadi Menteri Sosial (Mensos) RI oleh Joko Widodo Presiden, Sabtu (02/01/2021) pagi langsung blusukan di eks lokalisasi BC Kota Mojokerto.

Di kunjungannya kali ini, ia berusaha memetakan sasaran bantuan dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat di perkotaan.

Risma sapaan akrab Menteri Sosial ini mengunjungi Yayasan Majapahit yang ada di Lingkungan Balong Cangkring, Kelurahan Metikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Dia juga mengecek tempat tinggal para lansia, tukang becak, pengemis anak jalanan yang sudah tak memiliki tempat tinggal yang kini ditampung di rumah hunian di Yayasan Majapahit. Tak ketinggalan dia juga memberikan paket sembako.

“Yang pertama saya mencoba memetakan yang bisa saya lakukan untuk masyarakat yang membutuhkan untuk kita kesejahteraan,” ungkap Risma usai blusukan.

Sehingga, apa yang dilakukan hari ini menjadi acuan sekaligus bisa review risos hingga anggaran yang ada di Kemensos.

“Nanti akan kita petakan karena masalahnya tiap daerah beda-beda. Karena itu saya mencoba memetakan dan mencari solusi itu dahulu,” paparnya.

Seperti di Yayasan Majapahit, kata Risma lokasi terebut banyak dihuni oleh lansia, pengemis, tukang becak hingga anak jalanan.

“Kita berharap meraka bisa kita dampingi namun secara sistemabel, sehingga masalahnya seperti ini bisa sampai selesai. Termasuk akan kita berikan pendampingan, ” Paparnya.

Sementara, tanggapannya terkait sejumlah bangunan di Yayasan Majapahit yang tak layak digunakan, dan sebagian rumah warga penghuni yang rusak. Dirinya akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan berbagai pihak. Lantaran bangunan-bangunan tersebut bukanlah milik perorangan, melainkan milik Yayasan Majapahit.

“Kami akan komunikasi dengan yayasan karena lahannya bukan milik perorangan. Beda dengan rehabilitasi rumah yang kita lakukan, sebab ini lahannya milik yayasan,” tandasnya.(fad/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs