Rabu, 8 Mei 2024

Menteri ESDM Memastikan Api Kilang Balongan Benar-Benar Padam

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Arifin Tasrif (tengah) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat memberikan keterangan kepada awak media di Indramayu, Jabar, Sabtu (3/4/2021). Foto: Antara

Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan api di tangki Kilang Balongan milik Pertamina di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sudah padam.

“Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan,” kata Arifin Tasrif saat berada di Indramayu, Jawa Barat, dikutip Antara, Sabtu (3/4/2021).

Meski sudah padam dia bilang Pertamina masih terus melakukan pendinginan tangki sehingga temperatur minyak yang ada di dasar tangki itu terus menurun sehingga tidak lagi muncul api.

“Masih dilakukan pendinginan minyak yang berada di dasar, sehingga bisa menurunkan temperaturnya,” ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Kilang Balongan terbakar Senin (29/3/2021) dini hari. Beberapa waktu lalu api yang membakar empat tangki sudah sempat berhasil dipadamkan, tapi beberapa jam api kembali muncul.

Penyebabnya, kata Arifin, karena minyak yang tersisa di dalam tangki yang terbakar masih panas dan berkontak langsung dengan udara. Hal itulah yang menurutnya menyebabkan api kembali menyala.

Dia memastikan, kali ini kebakaran di empat tangki Kilang Pertamina Balongan sudah bisa diatasi dan benar-benar sudah padam.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs