Sabtu, 15 Mei 2021

Novel Baswedan Tanggapi Kabar Dirinya Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan KPK

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Novel Baswedan Penyidik KPK (kedua kiri). Foto: Antara

Novel Baswedan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendengar informasi perihal puluhan pegawai KPK termasuk dirinya, tidak lolos tes wawasan kebangsaan sebagai bagian dari proses alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

“Ya, benar, saya dengar info tersebut,” kata Novel dalam keterangannya di Jakarta, hari ini Selasa (4/5/2021).

Terkait dengan hal tersebut, dia menganggap ada upaya menyingkirkan orang-orang berintegritas dari KPK.

“Upaya untuk menyingkirkan orang-orang yang berintegritas dari KPK adalah upaya lama yang terus dilakukan. Bila info tersebut benar, tentu saya terkejut karena baru kali ini upaya tersebut justru dilakukan oleh pimpinan KPK sendiri,” ujar Novel dilansir Antara.

Sebelumnya, Cahya Hardianto Harefa Sekretaris Jenderal KPK menegaskan, hasil tes wawasan kebangsaan yang diikuti Pegawai KPK sebagai salah satu syarat proses alih status menjadi aparatur sipil negara, masih tersegel.

Dia bilang, KPK belum mengetahui daftar nama pegawai yang lulus atau tidak lulus tes, yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi.

“Saat ini, hasil penilaian asesmen TWK (tes wawasan kebangsaan) tersebut masih tersegel dan disimpan aman di Gedung Merah Putih KPK dan akan diumumkan dalam waktu dekat sebagai bentuk transparansi kepada seluruh pemangku kepentingan KPK,” kata Cahya.

Sekadar informasi, KPK telah menerima hasil tes wawasan kebangsaan tersebut dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) bertempat di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sebanyak 1.349 pegawai KPK yang berstatus pegawai tetap mau pun tidak tetap, mengikuti tes asesmen untuk menjadi ASN.

Tes itu diatur dalam Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Firli Bahuri Ketua KPK mengatakan para Pegawai KPK yang lulus tes asesmen akan dilantik sebagai ASN pertengahan tahun ini.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 15 Mei 2021
33o
Kurs