Sabtu, 21 Mei 2022

Oksigen Gratis Sekarang Tersedia di Kantor Samsat Baru Gresik

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Benny Sampirwanto Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim mengatakan, layanan oksigen gratis kini bisa didapatkan di Gresik.

Layanan oksigen gratis itu mulai hari ini, Senin (2/8/2021), juga tersedia di Kantor Samsat Baru Gresik, di Jalan Doktor Wahidin Sudirohusodo Nomor 714.

“Jadi bagi warga Gresik yang sebelumnya mengambil oksigen di Surabaya atau di Sidoarjo, mulai hari ini bisa di Kantor Samsat Baru Gresik,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya.

Benny mengatakan, layanan pengambilan oksigen itu mulai dibuka sejak pukul 08.00 WIB. Tapi, seperti prosedur di titik lainnya, harus didahului pendaftaran.

“Prosedurnya sama dengan sebelumnya. Ada dua platform berbasis website dan call center. Masyarakat perlu mendaftar dulu sebelum datang ke lokasi,” ujarnya.

Pendaftaran via situs web bisa diakses di oksigen.infocovid19.jatimprov.go.id dengan mengisi formulir dan panduan langkah yang ada. Atau melalui call center 1500-117.

“Untuk di web, yang penting disiapkan adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan) pasien. Juga perlu meng-upload (mengunggah) surat hasil PCR/Antigen. Selanjutnya akan diterbitkan nomor antrean beserta tanggal dan jam pengambilan untuk menghindari kerumunan,” ujarnya.

Benny juga menjelaskan, pengambilan per hari di Kantor Samsat Baru Gresik itu sama seperti di sentra Oksigen Gratis lain yang tersedia, yakni maksimal 2 meter kubik per hari.

Berdasarkan data Pemprov Jatim, total warga yang sudah dilayani oksigen gratis di tiga titik yang tersedia di Jatim sudah mencapai 3.924 orang.

Benny Sampirwanto merinci untuk masing-masing lokasi. Layanan terbanyak tetap ada di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya.

“Terbanyak tetap di Dishub Jatim, sampai hari ini sudah ada 1.444 orang yang sudah dilayani. Kemudian di UPT Bapenda Sidoarjo Jalan Pahlawan sebanyak 1.391 orang,” katanya.

Sedangkan di Kantor Bakorwil 3 Malang Jalan Simpang Ijen, yang baru dibuka beberapa waktu lalu, layanan oksigen gratis sudah melayani sebanyak 1.075 orang.

“Lalu kalau kami lihat di database kami, sebelumnya itu ada 11 warga Gresik yang mengambil oksigen Dishub dan Sidoarjo. Kemudian hari ini sudah ada tiga orang yang mendaftar di Kantor Samsat Baru,” ujarnya.

“Memang kami melihat, dari yang sudah mendaftar itu ada yang membatalkan dengan alasan tertentu. Yang jelas, layanan oksigen gratis ini kami sediakan untuk yang membutuhkan,” ujarnya.(den)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
29o
Kurs