Jumat, 25 Juni 2021

Padat Pengunjung, Polres Gresik Perketat Pendisiplinan Prokes di Pantai Delegan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Situasi Objek Wisata Pasir Putih Pantai Degelan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Sabtu (15/5/2021). Foto: Istimewa

Personel gabungan Polres Gresik dan Polsek Panceng memperketat pengamanan di Objek Wisata Pasir Putih Pantai Degelan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Sabtu (15/5/2021).

Pada hari libur lebaran Idulfitri 1442 Hijriah/2021 Masehi ini Pantai Delegan cukup dipadati oleh masyarakat. Ada potensi terjadinya kerumunan dan kelalaian penerapan protokol kesehatan.

AKBP Arief Fitrianto Kapolres Gresik mengatakan, pengetatan keamanan ini dilakukan dengan cara persuasif. Baik kepada pengelola wisata maupun kepada setiap pengunjung.

“Itu kami lakukan untuk mencegah terjadinya klaster baru saat momen libur sekarang ini. Terlebih kondisi Kabupaten Gresik belum aman dari penyebaran Covid-19,” kata Arief, dalam keterangan tertulis.

Personel gabungan Polres Gresik dan Polsek Panceng memperketat pengamanan di Objek Wisata Pasir Putih Pantai Degelan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Sabtu (15/5/2021). Foto: Istimewa

Arief bilang, tidak hanya di Pantai Delegan, dia juga menyebar personel ke sejumlah tempat wisata lain di Kabupaten Gresik untuk melakukan giat pengamanan yang sama.

Tidak hanya menegakkan disiplin protokol kesehatan, polisi juga mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang mungkin terjadi di tempat-tempat keramaian.

AKP Jannah Kapolsek Panceng yang turut mendampingi Kapolres menjelaskan, dia telah menyiagakan sejumlah personel untuk berjaga di area pintu masuk lokasi wisata. Terutama untuk mengecek pengunjung.

“Kami mengecek setiap pengunjung yang akan masuk. Supaya bisa diketahui apabila ada yang tidak menggunakan masker atau tidak lebih dulu mencuci tangan sesuai yang disarankan pengelola,” katanya.

Dia pun sudah meminta para petugas untuk menegur masyarakat yang tidak pakai masker. Karena memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumuman masih menjadi langkah efektif melawan Covid-19.

“Kami terus mengimbau agar pengunjung mentaati Protokol Kesehatan 3M + 1T (memakai masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan dan tidak berkerumun), karena langkah-langkah itu cara efektif pencegahan penyebaran,” katanya.(den/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs