Jumat, 3 Desember 2021

Peduli Kebutuhan Masyarakat, Fikes Unitomo Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Donor darah dan screening plasma konvalesen digelar Fikes Unitomo. Foto: Humas Unitomo

Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya bekerja sama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Surabaya dan Perkumpulan Sosial (Persos) Hwa Ind menggelar donor darah bagi segenap civitas academica dan masyarakat umum.

Kegiatan sosial yang digelar Rabu (18/8/2021) bertempat di Pusat Layanan Kesehatan Gedung H, kampus Unitomo, Surabaya. Dan kegiatan kali ini dikawal langsung oleh Miftahul Khairoh Dekan Fikes, bersama dengan sejumlah mahasiswa Prodi (program studi) D3 Teknologi Bank Darah.

Ditemui di sela kegiatan, Miftahul Khairoh menyampaikan bahwa kegiatan donor darah kali ini ditargetkan memperoleh sekurangnya 100 orang pendonor darah dan pada pelaksanaannya sangat memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat serta membuka ruang bagi pendonor Plasma Konvalesen (PK) penyintas Covid-19.

“Para pendonor PK kami screening terlebih dahulu sehingga bisa membuat semacam bank data agar yang memerlukannya bisa segera mendapatkan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini kami tidak bergerak sendirian, tentu juga berdasarkan support dari teman-teman UDD PMI Kota Surabaya dan Persos Hwa Ind,” terang Miftahul Khairoh.

Sementara itu, ditambahkan Triksi Hendria Humas UDD PMI Kota Surabaya, menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh kebutuhan donor darah yang digelar Fikes Unitomo dengan menerjunkan langsung beberapa relawan.

“Kegiatan seperti ini sangat membantu kebutuhan darah yang diperlukan oleh UDD PMI Kota Surabaya, karena jumlah permintaan darah setiap harinya tidak bisa dipastikan, melalui kegiatan seperti inilah yang membantu kami agar stok darah diupayakan tetap tersedia. Perlu diketahui, kami membutuhkan sebanyak 350 pendonor setiap hari. Jumlah tersebut merupakan rata-rata kebutuhan dan permintaan dari berbagai fasilitas kesehatan,” ujar Triksi.

Turut hadir Merry Ketua Hwa Ind Wilayah Surabaya, dan mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan stok UDD PMI Kota Surabaya. “Dalam mendukung kegiatan ini, kami memberikan paket sembako untuk para pedonor yang telah datang. Tentunya, kami juga berharap kegiatan ini dapat terlaksana secara rutin tiap tahunnya,” pungkas Merry.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
30o
Kurs