Jumat, 29 Maret 2024

Pekan Kehumasan, Sekjen MPR : Perlu Menciptakan Informasi yang Mengedukasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ma’ruf Cahyono Sesjen MPR RI dalam Pekan Kehumasan MPR yang digelar di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Foto: MPR RI

Ma’ruf Cahyono Sekjen MPR RI mengatakan Pekan Kehumasan MPR yang digelar di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, mulai dari tanggal 8 hingga 11 November 2021, merupakan satu momentum yang memiliki arti tersendiri. Ungkapan demikian disampaikan saat dirinya memberi kata sambutan pada puncak acara Pekan Kehumasan, Rabu (10/11/2021).

Hadir dalam puncak acara Pekan Kehumasan, Siti Fauziah Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Kepala Bagian Pemberitaan dan Budi Muliawan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR serta ratusan peserta yang terdiri dari pecinta buku, wartawan, dan masyarakat lainnya.

Dalam Pekan Kehumasan selain digelar berbagai pameran, seperti foto, Perpustakaan MPR, dan PPID, juga ada lomba karya tulis, lomba foto, dan launching Buku Digital MPR dan novel yang berjudul Meraih Mimpi.

Lebih lanjut Ma’ruf Cahyono mengatakan, Pekan Kehumasan merupakan ruang untuk menstimulasi dan melihat kembali tugas-tugas kehumasan.

“Dalam bidang kehumasan banyak stake holder yang terlibat,” ujarnya. Salah satu di antaranya disebut jurnalistik atau wartawan. Untuk itulah kegiatan ini diakui dekat dengan bidang jurnalistik.

Bicara tentang kehumasan, menurut Ma’ruf Cahyono, secara langsung atau tidak langsung, akan terkait dengan penyebaran informasi. Diharap kehumasan dalam menyebarkan informasi tak hanya tentang kabar dan berita namun juga mampu mengedukasi.

“Pekan Kehumasan diharap tak hanya memberi informasi namun juga diharap mampu memberi edukasi,” ujarnya.

Untuk itulah lomba-lomba yang ada menyisipkan pesan dan ajakan untuk meningkatkan literasi. “Harapan saya literasi menjadi stimulant dan edukasi bagi dunia kehumasan,” paparnya.

Semua itu penting dilakukan agar kelak bermuara membangun kepercayaan kepada masyarakat. “Ini orientasi paling penting,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Cahyono mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah datang ke acara Pekan Kehumasan. Kedatangan masyarakat di rumah wakil rakyat diharap dimaksimalkan. Dengan kehadiran mereka ke komplek parlemen ini diharap memberi kesadaran baru bahwa kerja MPR tidak hanya pada masalah ketatanegaraan namun juga pada masalah-masalah yang lain.

“Datang ke gedung ini merupakan tempat pembelajaran tepat tentang MPR,” ujarnya.

Disebutkan salah satu tugas MPR adalah merawat nilai-nilai kebangsaan lewat Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ma’ruf Cahyono mengajak kepada semua untuk menjaga pondasi bangsa Indonesia agar tetap kokok berdiri. “Pondasi bangsa kita adalah Pancasila,” tuturnya. Nilai-nilai tersebut perlu diinternalisasikan kepada seluruh element masyarakat, “dengan berbagai cara,” tegasnya.(rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs