Rabu, 20 Oktober 2021

Pemerintah Klaim Kasus Covid-19 Nasional Menurun 96 Persen

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi keterangan pers virtual, Senin (27/9/2021) petang, sesudah rapat kabinet terbatas, di Jakarta. Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

Dalam keterangan pers virtual, Senin (27/9/2021) petang, sesudah rapat kabinet terbatas, di Jakarta, Luhut menyampaikan sejumlah indikator yang menunjukkan perbaikan.

Antara lain, kasus konfirmasi Covid-19 nasional menurun sekitar 96 persen dari puncak kasus positif yang tercatat pada tanggal 15 Juli 2021.

“Angka kasus harian tanggal 26 September 2021 sebanyak 1.760. Jumlah tersebut lebih rendah dari tanggal 24 Juli 2021 sebanyak 1.761 kasus. Kalau dari data hari ini mungkin kita lebih rendah lagi,” ujarnya.

Khusus di wilayah Jawa-Bali, kasus konfirmasi menurun sekitar 98 persen. Sedangkan kasus aktif menurun sekitar 96 persen dibandingkan puncak kasus pada masa gelombang kedua.

Kemudian, tingkat reproduksi Covid-19 di Jawa-Bali, kata Luhut sudah di bawah angka satu.

Walau begitu, Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali mengingatkan masyarakat tetap waspada, dan disiplin protokol kesehatan.

“Ini tidak boleh membuat kita berpuas diri, tapi justru berhati-hati,” tegasnya.

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan selama pelonggaran PPKM, ada tren kenaikan mobilitas yang harus menjadi perhatian.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus atau gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia, pemerintah terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi, kepatuhan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Seperti diketahui, pemerintah masih memberlakukan PPKM berjenjang di Jawa dan Bali untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona, sepekan ke depan sampai tanggal 4 Oktober 2021.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Rabu, 20 Oktober 2021
28o
Kurs