Rabu, 8 Februari 2023

Pemerintah Provinsi Jatim Kirim 1 Ton Beras dan Uang Rp1 Miliar untuk NTT

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5/2021) akibat siklon tropis Seroja. Foto: BPBD Kabupaten Flores Timur

Pemprov Jatim akan mengirim bantuan uang senilai Rp1 milliar dan satu ton beras untuk membantu penanganan pascabencana banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sesuai arahan Bu Gubernur, kami akan membantu uang Rp1 milliar dengan beras 1 ton. Itu arahan Ibu Gubernur untuk memberikan bantuan,” ujar Heru Tjahjono Plh Sekdaprov Jatim, Rabu (7/4/2021).

Dalam keterangan tertulisnya, Heru menjelaskan, bantuan itu rencananya akan dikirim ke NTT Sabtu, 10 April besok dengan jalur laut. “Dengan KRI Semarang,” ujarnya.

Pemprov Jatim, kata Heru, juga akan menugaskan tim kebencanaan ke lokasi terdampak bencana di NTT untuk melakukan asesmen kebutuhan para korban dan pemerintah dalam penanganan.

“Kami akan melihat kondisi di sana, apakah perlu kami menurunkan personil atau tidak? Prinsipnya Ibu Gubernur memberikan arahan untuk membantu, sementara dengan 1 ton beras dan uang Rp1 milliar,” ujar Heru.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur telah mengucapkan duka cita dan belasungkawa, terutama kepada keluarga korban meninggal terdampak bencana di sana.

Menurut Khofifah, rakyat NTT tidak sendirian dalam menghadapi bencana itu. Karena perisitiwa atau kejadian bencana itu menjadi duka bersama bangsa Indonesia. Dia doakan NTT bisa segera pulih.

Khofifah juga mengajak seluruh rakyat Jawa Timur untuk turut serta mendoakan keselamatan warga NTT dan membantu warga bencana hidrometeorologi akibat Siklon Seroja itu.(den/dfn)

Berita Terkait