Jumat, 19 April 2024

Pemerintah Segera Putuskan Keberlanjutan PPKM

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, malam hari ini, Senin (30/8/2021), saat memberikan keterangan pers dari Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Tangkapan layar YouTube

Pemerintah pusat akan menggelar rapat kabinet terbatas membahas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Senin (6/9/2021) siang, hari ini.

Joko Widodo Presiden akan memimpin rapat kabinet dari Istana Kepresidenan Jakarta yang akan diikuti sejumlah menteri dan kepala lembaga secara virtual.

Hasil evaluasi itu akan menjadi dasar penetapan kebijakan penanganan pandemi Covid-19, antara lain keberlanjutan PPKM berjenjang, dan pelonggaran kegiatan di sejumlah sektor.

Seperti diketahui, pemerintah masih menerapkan PPKM di seluruh wilayah Tanah Air untuk mengendalikan penyebaran wabah Virus Corona.

Berdasarkan hasil evaluasi PPKM sepekan terakhir, pemerintah mengklaim terjadi penurunan positivity rate dan tingkat keterisian tempat tidur di RS rujukan Covid-19.

Dalam sepekan terakhir, ada 25 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 di wilayah Jawa-Bali. Lalu, ada 76 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 3, dan 27 kabupaten/kota Level 2.

Melihat tren penurunan kasus, pemerintah memberlakukan pelonggaran/relaksasi di beberapa sektor.

Di antaranya, sekolah boleh menggelar pembelajaran tatap muka terbatas, pusat perbelanjaan boleh buka dengan aturan ketat, dan tempat ibadah boleh menggelar kegiatan keagamaan berjamaah.

Presiden berharap, PPKM yang diikuti dengan kedisiplinan protokol kesehatan dan vaksinasi, bisa menekan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas dalam kondisi normal baru, dan status pandemi berubah menjadi endemi.(rid/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs