Jumat, 26 April 2024

Pemerintah Siapkan Skenario Darurat Ledakan Kasus Harian Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Luhut Binsar Panjaitan Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan. Foto: Antara

Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia dalam sebulan terakhir terus melonjak.

Kemarin, Senin (5/7/2021), tercatat sebanyak 29.745 orang terinfeksi. Tertinggi sejak wabah Virus Corona terdeteksi di Tanah Air.

Di tengah situasi darurat kesehatan, pemerintah dengan berbagai sumber daya yang ada terus berupaya maksimal untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

Bahkan, pemerintah sudah menyiapkan skenario terburuk kalau terjadi ledakan kasus di atas 40 ribu per hari.

Luhut Binsar Panjaitan Menko Kemaritiman dan Investasi menyampaikan itu siang ini, Selasa (6/7/2021), dalam keterangan pers virtual, sesudah rapat terbatas dengan Joko Widodo Presiden.

Menurut Luhut, pemerintah sudah menambah rumah sakit darurat seperti Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, dan RS darurat TNI-Polri di Jakarta dan menyusul di Surabaya.

Pemerintah juga menjamin ketersediaan obat-obatan dan oksigen medis yang diperlukan untuk menangani pasien Covid-19.

“Oksigen sampai hari ini sudah kami hitung sudah dibuat skenario oleh tim, sudah bisa sampai 50 ribu bahkan paling jelek kami sudah bikin sampai 60-70 ribu kasus per hari. Tapi, kami nggak berharap itu terjadi,” ujarnya.

Kemudian, Pemerintah Indonesia sudah menjalin komunikasi dengan negara lain yang diharapkan bisa memberikan bantuan darurat seperti Singapura dan China.

“Semua kekuatan kami kerahkan dan jangan ada yang underestimate Indonesia tidak bisa mengatasi masalah sampai hari ini. Tapi, kalau kasus hariannya nanti lebih dari 40-50 ribu, akan dibuat skenario siapa yang akan kita mintai tolong, sudah kami approach itu semua,” katanya.

Lebih lanjut, Luhut menegaskan, pemerintah konsisten melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali, dan PPKM Mikro.

Dia bilang, dalam tiga hari pelaksanaan PPKM Darurat, TNI-Polri dan aparat pemerintah sudah berupaya keras menekan mobilitas masyarakat.

Luhut berharap, masyarakat mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah untuk menekan angka kasus Covid-19.

Sekadar informasi, dalam PPKM Darurat periode pertama yang berlaku mulai 3-20 Juli 2021, ada 122 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang wajib menerapkannya.

PPKM Darurat periode pertama menargetkan penurunan infeksi Virus Corona di bawah 10 ribu kasus per hari.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs