Rabu, 24 April 2024

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah pada 20 Juli

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama RI. Foto: Kemenag

Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Iduladha yang tiap tahunnya diperingati setiap tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Islam, tahun ini jatuh hari Selasa tanggal 20 Juli 2021.

Penetapan itu merupakan hasil keputusan Sidang Isbat penentuan awal 1 Zulhijah 1442 Hijriah, yang dipimpin Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, petang hari ini, Sabtu (10/7/2021), di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Karena masih ada pandemi Covid-19, peserta Sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama dibatasi, dan yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara, pemangku kepentingan lainnya seperti perwakilan negara-negara sahabat, dan ormas berbasis Islam mengikuti sidang secara virtual.

“1 Zulhuijah 1442 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Ahad tanggal 11 Juli 2021 Masehi. Dengan begitu, Hari Raya Iduladha akan jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 Masehi,” ujar Menteri Agama mengumumkan hasil sidang.

Sebelumnya Tim Unifikasi Kalender Hijriah Indonesia menyampaikan informasi dalam Sidang Isbat, hari ini ketinggian hilal sebagai syarat penentuan awal Zulhijah dan Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah sudah memenuhi kriteria lebih dari dua derajat.

Ketinggian hilal itu terlihat di sejumlah provinsi di Indonesia mulai Papua, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera bagian Utara.

Seperti diketahui, Kementerian Agama menetapkan hari raya dengan ilmu falak (hisab) dan observasi (rukyat) di 86 titik wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan 1 Zulhijah 1442 H jatuh pada hari Minggu (11/7/2021).

Dengan begitu, Hari Arafah 9 Zulhijah jatuh pada Senin (19/7/2021), dan Iduladha 1442 Hijriah hari Selasa tanggal 20 Juli 2021.

Penetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Di tengah pandemi dan pemberlakuan PPKM Darurat, PP Muhammadiyah mengimbau agar Umat Islam tahun ini tidak melaksanakan Salat Iduladha di lapangan, masjid, atau fasilitas lain.

Salat Iduladha bisa dilakukan di rumah masing-masing bersama anggota keluarga.(rid/iss)

Berita Terkait

Sidang Isbat Idul Adha Digelar Daring


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs