Kamis, 25 April 2024

Pemkab Gresik Launching Aplikasi Apalan Versi Terbaru

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gus Yani didampingi Tim URC Bima saat meluncurkan ulang aplikasi New Apalan, Selasa (23/3/2021). Foto: Istimewa

Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik meluncurkan ulang aplikasi Apalan (Aplikasi Layanan Pengaduan Pengguna Jalan) untuk masyarakat Kabupaten Gresik. Sejatinya, Apalan bukanlah barang baru, aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2017 lalu dan dapat diunduh di Play Store.

Dikatakan oleh Gus Yani, sapaan akrab Bupati Gresik ini, peluncuran kembali Apalan untuk lebih mengefektifan kinerja tim Unit reaksi Cepat Bina Marga (URC Bima) yang kerjanya remote, berdasarkan laporan masyarakat yang masuk di aplikasi.

“Kami ingin agar aplikasi new Apalan tak hanya sebatas seremonial belaka, tapi tim URC Bima yang digerakkan oleh aplikasi ini dapat lebih responsif. Begitu ada laporan via Apalan, tim ini harus lebih siap dan cepat bergerak,” kata Gus Yani dalam acara peluncuran, Selasa (23/3/2021).

Pihaknya juga berjanji akan menambah personel tim URC Bima agar pelayanan kian efektif.

“Agar ada langkah cepat dan lebih responsif dalam menindaklanjuti laporan masyarakat. Pada perubahan anggaran keuangan (PAK) nanti kami akan menambah anggaran, personel dan zona cakupan. Masyarakat sudah menunggu kinerja tim ini. Kami memang betul-betul konsentrasi terhadap insfrastruktur” tandas Gus Yani.

Sementara Gunawan Setijadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik yang turut mendampingi Bupati saat itu melaporkan, optimalisasi aplikasi dan kinerja URC Bima ini menurutnya untuk meningkatkan responsif dalam menindaklanjuti laporan masyarakat terkait perbaikan jalan.

“Kami berharap langkah kami ini untuk meminimalisir laka lantas yang diakibatkan oleh kerusakan jalan. Misalnya ada jalan berlubang, kalau masyarakat segera melaporkan via aplikasi ini dengan laporan yang lengkap beserta foto dan lain-lain, kami bisa segera menindaklanjuti,” katanya.

Untuk keadaan saat ini, pihaknya memaparkan sudah memiliki tujuh tim URC Bima, yaitu tim URC utara, URC Selatan, URC Tengah, URC Kota, URC Bawean Barat dan URC Bawean Timur.

“Silahkan download aplikasi apalan via Google Play Store dan bukalah aplikasinya. Anda dapat melakukan pelaporan ataupun pengaduan kondisi jalan.”(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs