Jumat, 26 April 2024

Perawat di RKZ Saling Menguatkan di Peringatan Hari Perawat Nasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para perawat di RKZ Surabaya saling menguatkan di masa pandemi Covid-19 di Hari Perawat Nasional, Rabu (17/3/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Sejumlah perawat yang bertugas di bagian khusus RKZ Surabaya mendapatkan kejutan dari sesama koleganya yang menyanyikan lagu-lagu gembira.

Para perawat yang mengenakan baju alat perlindungan diri (APD) dari balik pintu pagar yang terkunci, menikmati lagu-lagu yang dimainkan dengan gitar oleh rekan-rekan sejawat mereka dari sisi pintu pagar lainnya.

“Mereka memang sedang merawat pasien Covid-19. Tentu saja wajib memakai APD dan tetap di dalam lokasi yang memang dibatasi pintu pagar besi itu. Karena tidak semua orang boleh masuk dan melintasi kawasan itu,” kata Suster Reinarda Sri Winarni SSPS, MN., Ners., Direktur Keperawatan RKZ Surabaya, Rabu (17/3/2021).

Para perawat sejenak melepas penat dan bergembira bersama kawan-kawan seprofesi untuk saling menguatkan dalam tugas keseharian khususnya di masa pandemi Covid-19. Pakaian APD tidak menghalangi para perawat untuk sejenak bergembira.

Dengan kegiatan sederhana yang digelar para perawat di RKZ Surabaya dalam rangka memperingati Hari Perawat Nasional 2021 dan peringatan ke 47 tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Suster Reinarda berharap para perawat tetap bersemangat dalam tugasnya sekaligus tetap menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Tugas para perawat, khususnya yang membantu menangani pasien Covid-19 memang lebih berat. Dibalik tugas berat itu, semoga tetap ada kekuatan kasih dan semangat melayani, agar masyarakat, pasien termasuk pasien Covid-19 dapat tertangani. Para perawat wajib tetap sehat,” kata Suster Reinarda.

Dua tahun lalu, di masa sebelum pandemi kegiatan yang sama pernah digelar di RKZ Surabaya. Para perawat memasuki kamar-kamar pasien, dan mengajak menyanyi bersama. “Tetapi tahun ini tidak bisa kami lakukan seperti dua tahun lalu. Pandemi,” pungkasnya. (tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs